Kotak Surat Suara Pilkada TTU Dikawal Ketat Anggota Polres

Kotak Surat Suara Pilkada TTU Dikawal Ketat Anggota Polres

Aparat Polres Timor Tengah Utara memberikan pengawalan ketat pada proses pendistribusian dan pengembalian kotak suara Pilkada di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara,NTT.

“Dengan adanya pengawalan dari anggota Polres TTU, pendistribusian surat suara di masing - masing wilayah baik di tingkat kecamatan maupun desa berjalan lancar dan aman hingga dikembalikan lagi ke KPU,” ungkap Kapolres TTU, AKBP Robby Medianus Samban, SIK. Didampingi Kepala Bagian Ops (Kabag Ops) Polres TTU, Selasa (15/12).

Kapolres TTU mengatakan, proses pengawalan dilakukan mulai dari kantor KPU kabupaten TTU, kemudian di tingkat PPK, PPS hingga TPS hingga perhitungan suara dan pleno tingkat Kabupaten. “Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa Pilkada TTU berjalan dengan aman dan lancar,” katanya. Menurut Kapolres, selain melakukan pengawalan kotak suara, pihaknya juga sudah menempatkan sejumlah personel yang selalu siaga di lokasi untuk mengawal setiap tahapan Pilkada, tak terkecuali pada saat rekapitulasi perhitungan surat suara.

"Kesiagaan anggota mengawal setiap tahapan pilkada, bertujuan untuk menjaga serta mengantisipasi adanya gangguan yang tidak diinginkan. Kepada seluruh anggota kami yang bertugas, sudah saya perintahkan untuk melaporkan setiap perkembangan berjalannya tahapan pilkada. Sehingga tujuan kita untuk menekan permasalahan yang terjadi dapat tercapai", ungkap Kapolres Robby Samban.

Selain mengarahkan anggota untuk mengawal setiap tahapan pilkada yang berjalan, Kapolres Robby Samban juga memastikan akan melakukan tindakan tegas bagi siapapun yang berupaya melakukan aksi anarkis pada saat pilkada berlangsung, apalagi bagi yang hendak mencoba menggagalkan jalannya Pilkada. “Kami tidak akan membiarkan siapapun mencoba melakukan aksi untuk mengganggu jalannya tahapan pilkada apalagi berusaha menggagalkannya", tegasnya.

Sementara petugas yang diterjunkan guna mengamankan Pilkada, Polres Timor Tengah Utara mendapatkan bantuan personil yakni, 1 kompi dari Brimob Polda NTT, 1kompi bko dari polres soe, ditambah dengan seluruh personel jajaran Polres TTU, selain itu personel Linmas juga ikut membantu mengamankan perTPS 2 anggota linmas .

Seluruh personel ini disebar di 430 TPS yang berada di Kabupaten TTU. Untuk TPS yang yang dianggap rawan akan dijaga oleh 1 anggota polisi dan 2 petugas linmas perTPS. Sedangkan untuk TPS yang aman, dijaga oleh satu orang polisi dan 4 petugas linmas setiap 2 TPS. Selain itu, Kapolres Robby Samban menegaskan kepada jajarannya, untuk menjaga ,netralitas dan tidak terlibat berpolitik. Lantaran risiko dari keterlibatan anggota dalam berpoliti, jika terbukti akan di kenai sangsi.