Longsor di Benus, Polsubsektor Manamas dan Masyarakat Lakukan Penimbunan

Longsor di Benus, Polsubsektor Manamas dan Masyarakat Lakukan Penimbunan
Kapolsubsektor Manamas Aipda Akmal dan anggota bersama masyarakat melakukan penimbunan material pada Jembatan Hoka, Desa Benus, Kecamatan Naibenu-TTU, Minggu (27/2/2022). (Foto: Tribratanewsttu.com)

Tribratanewsttu.com- Intensitas curah hujan yang mengguyur deras sebagian besar wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) beberapa minggu terakhir mengakibatkan longsor di Desa Benus, Kecamatan Naibenu, Minggu (27/2/2022).

Hal ini pun menjadi atensi tersendiri satuan Polres TTU melalui Polsek Miomaffo Timur pada Polsubsektor Manamas hingga turun langsung ke lokasi di Jembatan Hoka yang merupakan jalan nasional penghubung Kota Kefamenanu dan Kecamatan Insana Utara untuk melakukan penimbunan material. 

Longsor atau amblas pada Jembatan Hoka, Desa Benus yang terjadi sekira pukul 10.46 hari itu mengakibatkan kerusakan sepanjang 5 meter. Jalan mengalami penurunan atau amblas sedalam kurang lebih 50 cm dan panjang 15 meter. Selain itu, penahanan jembatan mengalami retak pada kedua sisi. 

Akhirnya, sebagian kendaraan pelintas baik roda dua maupun roda empat yang hendak melewati jalur tersebut kandas untuk beberapa saat. Jalur yang ditempuh sebagai alternatif yakni melewati Maubesi, Kecamatan Insana Tengah. 

Melihat kondisi tersebut, Kapolsubsektor Manamas Aipda Akmal dan anggota pun turun memantau langsung kondisi jembatan Hoka dan melakukan upaya pemasangan tanda peringatan bek bersama pemerintah Desa Bakitolas.

"Melakukan koordinasi dengan pemerintah Dasa Bakitolas bersama-sama masyarakat menimbun dengan material disekitar Jembatan. Saat ini Jembatan Hoka dapat dilalui kendaraan Roda dua dan empat sedangkan roda enam yang akan melintas dikhawatirkan mengalami kecelakaan," ujar Kapolsubsektor Manamas Aipda Akmal. Apabila intensitas hujan tidak berhenti, dapat dipastikan jembatan hoka tidak dapat dilalui kendaraan bermotor. 

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani