Wakapolres TTU Pimpin Anggota Sambut dan Amankan Kedatangan Uskup Agung Kupang di Kefamenanu

Wakapolres TTU Pimpin Anggota Sambut dan Amankan Kedatangan Uskup Agung Kupang di Kefamenanu

Tribratanewsttu.com, Kefamenanu - Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H memimpin anggota untuk menyambut sekaligus mengamankan kedatangan Yang Mulia Uskup Keuskupan Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni, Pr di Kefamenanu, Kabupaten TTU, Kamis (13/6/2024). 

Pantauan Tribratanewsttu.com di Desa Oeperigi tepat di depan cabang masuk Desa Haekto pukul 13.20 wita terlihat para imam, sejumlah pejabat pemda TTU dan masyarakat sudah ada. Para penari sesekali riang gembira membunyikan gong. 

Tampak pihak kepolisian yang dipimpin Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H, dan pihak TNI setia menunggu dan mengamankan situasi. Aparat Sat Lantas mulai meniup peluit sambil mengatur arus lalu lintas.

 Terlihat spanduk berukuran 3x1 m bertuliskan "Proficiat Mgr. Hironimus Pakaenoni, Pr. Koenok Tem Teu Hit Ume Ma Bale Monit". Tergantung membentang tinggi di atas jalan raya. 

"Perhatian untuk kita semua. Bapa Uskup sudah berada di sekitar loli. Umat sekalian kita mulai merapat ke gapura dengan tidak menghalangi arus lalu lintas," Kata Pastor Paroki Noemuti, Romo Agustinus Berek, PR sambil memberikan imbauan deretan perarakan dengan tertib dan terarah demi menghantar Yang Mulia Uskup Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni ke Km. 9.

Tepat pukul 13.50 wita Sang Yubilaris Yang Mulia Uskup Keuskupan Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni, Pr tiba di Desa Oeperigi. Disambut secara adat dengan tari-tarian, takanab dan pengalungan. "Kebanggan kita bersama siang ini hadir di tengah-tengah kita semua. Selamat siang Yang Mulia Bapa Uskup Keuskupan Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni, Pr. 

Tepat pukul 14.00 wita rombongan diarak menujuk Km 9 Kota kefamenanu, dikawal mobil Patroli Satuan Lantas Polda Nusa Tenggara Timur dan Polres TTU. 

Usai penyambutan di Desa Oeperigi, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, sang Yubilaris kelahiran Noemuti, Kabupaten TTU pada 14 April 1969 ini selanjutnya disambut Bupati TTU, Drs. Juandi David, Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Pr, bersama para imam dan ribuan umat di depan tugu Biinmaffo, KM 9, Desa Naiola, Kecamatan an Bikomi Selatan-TTU. Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Pr,  tiba pukul 14.45 wita. 

Terpantau, sejumlah mahasiswa Unimor mengenakan almamater hijau memagari sisi sebelah jalan. Tarian gong persembahan Umat Stasi Nimasi Paroki Oeolo mengantar Uskup Putera TTU yang dikenal Roni Pakaenoni, Pr, ini untuk diterima secara tutur adat Takanab dan pengalungan oleh Uskup Atambua, Mgr. Dominikua Saku, Pr. 

Menggunakan mobil hardtop kuning, pembina pada Seminari Tinggi Santo Mikael Kupang sekaligus dosen pada Fakultas Filsafat Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, ini selanjutnya diarak untuk menyapa umat di Kota Kefamenanu. 

Atraksi tari-tarian dan berdiri di pinggir jalan Timor Raya sambil memegang bendera sembari melambaikan tangan mewarnai kedatangan Uskup yang baru ditahbiskan menjadi Uskup Keuskupan Agung Kupang setelah pengumuman Uskup Emeritus, Mgr. Petrus Turang, Pr dalam malam perayaan ekaristi di Gereja Santa Maria Assumpta Kupang, Sabtu 9 maret 2024 lalu itu. 

Terdapat tiga titik pemberhentian Yang Mulia Bapa Uskup Keuskupan Agung Kupang, Mgr. Hironimus Pakaenoni, Pr saat bersama Yang Mulia Uskup Atambua Mgr. Dominikus Saku, Pr, melakukan perarakan keliling Kota Kefamenanu. 

pemberhentian pertama, di depan Gereja St. Theresia Kefamenanu. Bapa Uskup Mgr. Hironimus Pakaenoni, Pr berkenan memasuki halaman gereja kemudian berdoa dan memberikan berkat secara khusus kepada Umat yang menanti di depan gereja. 

Pemberhentian kedua, yakni di depan Gereja St. Yohanes Pemandi Naisieu. Bapa Uskup berkenan memasuki halaman gereja kemudian berdoa dan memberikan berkat secara khusus dari teras kepada umat yang menanti di depan Gereja. 

Pemberhentian terakhir tepat pukul 17.00 wita adalah di Gereja St. Antonius Padua Sasi Kefamenanu. Bapa Uskup berkenan memasuki Gereja, berdoa, memberikan sambutan dan berkat kepada umat dalam ibadat Syukur. Proses penyambutan hingga perarakan berjalan aman, tertib dan lancar.*

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat