Dari Napan Presiden Jokowi Resmikan 7 PLBN

Dari Napan Presiden Jokowi Resmikan 7 PLBN
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi PLBN Napan

Tribratanewsttu.com – Kefamenanu (Rabu, 02/10/24). Tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Napan Kecmatan Bikomi Utara Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Tujuh PLBN tersebut antara lain; PLBN Terpadu Napan di Kabupaten TTU, Nusa Tenggara Timur (NTT); PLBN Terpadu Serasan di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau; PLBN Terpadu Jagoi Babang di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat; PLBN Terpadu Sei Nyamuk di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara; PLBN Terpadu Labang di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara; PLBN Terpadu Long Nawang di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara; PLBN Terpadu Yetetkun di di Distrik Ninati, Kabupaten Boven Digoel, Papua Selatan.

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa pembangunan PLBN merupakan representasi dari kemajuan bangsa dan negara yang sudah diinstruksikan sejak tahun 2015 sebagaiman tertuang dalam Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2015 tentang percepatan pembangunan 7 PLBN. “Perbatasan adalah beranda depan negara kita Indonesia yang mewakili wajah negara kita Indonesia, wajah negara kita ada di sisi, di PLBN yang kita bangun” ungkap Presiden Jokowi dalam sambutannya.

Desa Napan sebelumnya mejadi pasar kecil di wilayah perbatasan Indonesi – Timor Leste dengan pengunjung rata – rata 12 orang. Setelah adanya PLBN di Desa Napan diharapkan masyarakat disekitar PLBN dapat menumbuhkan sentra – sentra ekonomi baru dengan didukung peningkatan pelayanan PLBN kepada masyarakat Indonseia yang melintasi perbatasan serta dukungan TNI/Polri dalam bidang pertahanan dan keamanan.  

Sementara itu diluar lokasi peresmian, personel TNI/Polri yang tergabung dari Polres TTU, Kodim 1618 TTU, Yonif 744 TTU dan beberapa instansi terkait melaksanakan pengamanan berlapis untuk memastikan kegiatan peremian oleh Presiden Jokowi dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Panglima Kodam (Pangdam) IX Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni, Pj Gubernur NTT Andriko Noto Susanto, Kapolda NTT Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, , Atase Polri KBRI Dili Timorleste Kombes Pol Don Gaspar Mikel Da Costa, Kapolres TTU AKBP Moh Mukhson, Dandim 1618 TTU Letkol Arm Didit Prastyo Purwanto, Plt Bupati TTU Drs. Eusebius Binsasi, Camat Bikomi Utara Bruno Anapah dan Forkopimda Kabupaten TTU.