Gelar Pelatihan Tactical Floor Game, Kapolres TTU : Menyamakan Pola Pemahaman dan Pola Tindak

Gelar Pelatihan Tactical Floor Game, Kapolres TTU : Menyamakan Pola Pemahaman dan Pola Tindak

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres TTU menggelar kegiatan pelatihan Tactical Floor Game (TFG) di Aula Bhayangkari Polres TTU, Kamis (12/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih satu jam tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pelatihan Pra Operasi Kepolisian "Mantap Brata Turangga 2023-2024. Hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, para PJU Polres TTU dan anggota Polres TTU yang mengikuti pelatihan.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat diwawancarai Tribratanewsttu.com di sela-sela kegiatan, menjelaskan, bahwa sebelum dilakukan tactical Floor game (TFG) pihaknya melakukan rapat untuk membahas terkait skenario pengamanan pemilu 2023-2024. Selanjutnya, dilanjutkan melaksanakan kegiatan TFG di Aula Bhayangkari Mapolres TTU. 

"Hal ini kita laksanakan untuk menyamakan pola pemahaman dan pola tindak. Bagaimana kegiatan-kegiatan pengamanan di setiap tahapan pemilu 2024 mulai dari kampanye, pendistribusian kotak suara, pencoblosan, perhitungan dan penetapan," ujarnya. 

Lulusan Akpol 2004 ini menjelaskan, ada beberapa perkiraan gangguan keamanan yang perlu adanya tindakan kepolisian. "Kami perlu arahkan kepada seluruh pejabat utama Polres (TTU) dan anggota dalam pelaksanaannya agar betul-betul mempedomani terutama terkait dengan peraturan 01 tahun 2019 tentang manajemen operasional kepolisian sehingga nanti tidak ada kesalahan di lapangan. Jangan sampai anggota kita menjadi korban," pungkasnya.

"Sehingga anggota kita harus betul-betul memahami SOP baik cara bertindak maupun kegiatan-kegiatan pengamanan di lapangan agar berjalan dengan aman dan lancar," jelasnya. 

Disinggung terkait persiapan kegiatan, sudah dipersiapkan sejak dua minggu sebelumnya. "Kita betul-betul melaksanakan kegiatan ini berdasarkan perkiraan ancaman sehingga kami sesuaikan dengan apa yang menjadi ancaman dari hasil perkiraan dari unit intelkam apa-apa saja yang nanti menjadi ancaman dalam pelaksanaan pengamanan dalam pemilu 2024," jelasnya. 

"Hal-hal yang menjadi anggota Ril di lapangan itu kita latih di tactical floor game dan juga nanti langsung dalam pelaksanaan sispam Kota yang akan dilaksanakan pada hari selasa tanggal 19 Oktober 2023 selesai apel gelar pasukan," tambahnya. 

Terkait anggita yang terlibat, yakni seluruh Pejabat Utama Polres TTU termasuk satuan tugas (Satgas), baik Satgas preemtif, Satgas preventif, Kamseltibcarlantas, Satgas tindak, Satgas Bantuan dan beberapa personil yang mengawali dalam pelaksanaan Sispam kota.

"Nanti pelaksanaan eksen kita libatkan semua personel untuk mendukung pelaksanaan sispam Kota sehingga nanti mereka paham apa, siap dan bertanggung jawab kepada siapa," ungkapnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.