Jelang Tahapan Pemilu Serentak 2024, Polres TTU Gelar Operasi Pekat

Jelang Tahapan Pemilu Serentak 2024, Polres TTU Gelar Operasi Pekat

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres TTU menggelar kegiatan operasi kepolisian kewilayahan Penyakit Masyarakat (Pekat) Turangga 2023, Kamis (21/9/2023). 

Kasi Humas Polres TTU, AKP I Ketut Suta menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dan Cipta Kondisi menjelang tahapan pemilihan umum (Pemilu) serentak yang dilaksanakan tahun 2024 dan kelancaran pelaksanaan Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024. 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.30 wita diawali apel persiapan di Mapolres TTU yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres TTU, AKP Wastoro. 

Terlibat dalam operasi pekat, yakni Kabagops Polres TTU, AKP Wastoro, Kasat Samapta Polres TTU, Kasubagdal Ops Polres TTU, Kasubagbin Ops Polres TTU, KBO Samapta Lolres TTU, Kasie Humas Polres TTU, Kasie Propam Polres TTU dan anggota Ops Pekat Turangga 2023.

Dalam arahan sebelum pelaksanaan operasi, Kabag Ops Polres TTU, AKP Wastoro menyampaikan bahwa anggota dapat melaksanakan deteksi dini meliputi lidik, pamgal dengan langkah deteksi, identifikasi dan penilaian guna peroleh bahan keterangan terkait faktor yang dapat pengaruhi gangguan kamtibmas dan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

"Melaksanakan kegiatan pencegahan meliputi turjagawali di lokasi yang jadi pusat kegiatan masyarakat dan mencegah timbulnya kelompok- kelompok tertentu yang akan menimbulkan gangguan di masyarakat jelang pemilu serentak tahun 2024," ujar Kabag Ops Polres TTU.

Selain itu, orang ketiga di tubuh Polres TTU ini juga meminta agar anggota dapat melaksanakan kegiatan penerangan dan binluh kepada masyarakat agar patuhi atau ikuti himbauan untuk mencegah kerumunan, macet, pelanggaran dan kecelakaan serta gangguan kamtibmas.

"Melaksanakan koordinasi dengan para toga, tomas dan para toda agar dapat membantu polri dalam mengamankan pemilu serentak tahun 2024, melaksanakan bantuan medis dan kesehatan serta evakuasi korban kecelakaan selama operasi," tambah Kabag Ops Polres TTU.

Selanjutnya, pelaksanaan Operasi dilaksanakan pada pukul 09.45 wita bertempat di Naesleu, Kecamatan Kota Kefamenanu. Telah dilaksanakan giat operasi kepada penjual pengecer BBM di rumah ina Biroda.

Selain itu, anggota juga melakukan himbauan Kamtibmas kepada Pelajar SMA yang akan mengikuti karnaval budaya di Kota Kefamenanu. Pada pukul 10.20 wita bertempat di Naen, Kelurahan Tubuhue, Kota Kefamenanu telah dilaksanakan giat operasi kepada penjual atau pedagang minuman keras tradisional jenis sopi di rumah Ande Tahoni. Telah dilaksanakan himbauan kepada warga Dusun 4, Desa Naen yang mengonsumsi sopi.

Hasil Operasi, terlaksananya giat patroli dan himbauan Kamtibmas kepada masyarakat di seputaran Nasleu dan Naen, Kelurahan Tubuhue.

Telah diamankan 2 jirigen, 2 botol sopi tradisional, 1 buah tempat masak sopi tradisional, 1 buah bambu penyulingan sopi tradisional. Pada pukul 11.30 wita Giat Operasi Kepolisian Kewilayahan "Pekat Turangga-2023 selesai serta berjalan aman dan lancar. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.