Kapolres TTU Hadiri Pembukaan Lomba Pacuan Kuda Piala Bupati TTU

Kapolres TTU Hadiri Pembukaan Lomba Pacuan Kuda Piala Bupati TTU
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H (Ketiga kanan) bersama Bupati TTU, Drs. Juandi David saat berada di tribun menyaksikan Lomba Pacuan Kuda Piala Bupati TTU ke-18, Kamis (4/8/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, menghadiri kegiatan pembukaan Lomba Pacuan Kuda Piala Bupati TTU ke-18 yang dilaksanakan di arena Pacuan Kuda Tanjung Bastian, Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten TTU, Kamis (4/8/2022).

Hadir saat itu Bupati TTU Drs. Juandi David, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU Robertus Nahas, S.Sos, TNI AD Kodim 1618/TTU, para Anggota DPRD TTU, Camat, Kepala Desa dan tamu undangan lainya. 

Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 4 hari hingga, Minggu (7/8/2022) ini melibatkan sebanyak 128 kuda pacu yang datang dari berbagai daerah seperti kabupaten Rote Ndao, Flores, Sumba, Kota Kupang, Belu, Malaka, Kabupaten Kupang dan dari Distrik Ambenu-RDTL.

Bupati TTU, Drs. Juandi David saat menghadiri acara pembukaan mengucapkan selamat datang dan selamat berlomba bagi peserta dari daerah lain bahkan dari Timor Leste yang ikut mengambil bagian dalam kegiatan tersebut. "Perlombaan pacuan kuda kali ini juga dihadiri dari luar negeri atau negara tetangga Distrik Oekusi-Timor Leste," ungkapnya.

Dikatakannya, ke depan arena pacuan kuda di lokasi obyek Wisata Tanjung Bastian tersebut akan ditata. "Lokasi arena Pacuan Kuda ini beda dari yang lain. Tinggal bagaimana kita mau menata selanjutnya supaya kita bisa menarik banyak wisatawan dari berbagai daerah," ungkapnya.

"Pacuan kuda di Kabupaten TTU sudah dilaksanakan selama 18 kali. Pacuan kuda kita sudah berlevel lokal dan level nasional. Kita juga sudah memenuhi standar nasional dengan ketentuan 12 kelas yang diperlombakan. Kabupaten TTU perlu berbangga karena kita punya tempat pacuan kuda yang memang unik luar biasa," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten TTU, Robertus Nahas, S.Sos selaku ketua panitia pelaksana saat menyampaikan laporan singkat, menjelaskan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari terhitung Kamis (4/8/2022) hingga, Minggu (7/8/2022). 

Maksud kegiatan tersebut, lanjut Robi Nahas, untuk dapat membangkitkan semangat dan minat masyarakat kabupaten TTU khususnya generasi penerus dan masyarakat Kabupaten TTU dan masyarakat Kabupaten Kota se-NTT yang peduli terhadap ternak kuda.

Di samping berfungsi sebagai alat transportasi, kata Robi Nahas, juga sebagi sarana olahraga berkuda di Kabupaten TTU."Tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut adalah membina dan menggalang rasa persaudaraan, persahabatan dan persatuan antar sesama masyarakat pecinta ternak kuda, mempromosi potensi dan daya tarik wisata, kepada wisatawan baik domestik maupun manca negara," pungkasnya. 

Selain itu, kata Robi Nahas, tujuan lain lomba pacuan kuda adalah meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Kabupaten TTU dan melestarikan olahraga pacuan kuda khususnya di Kabupaten TTU dan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat lokal.

"Juara umum akan diberikan uang sebesar Rp. 10 juta rupiah. Sedangkan untuk kelas lokal, karena untuk mendukung program bupati dalam hal populasi ternak sapi maka akan diberikan uang untuk membeli sapi," ujarnya. 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut mengangkat tema, "Melalui Penyelenggaraan Pacuan Kuda Piala Bupati Timor Tengah Utara ke-18 tahun tahun 2022 di Obyek Wisata Tanjung Bastian Kita Sukseskan HUT Kefamenanu ke-100 dan Wujudkan Kabupaten TTU sebagai salah satu daerah tujuan wisata perbatasan RI-RDTL". (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.