Kunjungan Tim Kompolnas ke Polsek Miomafo Timur: Analisa dan Evaluasi Terhadap Pelayanan Masyarakat

Kunjungan Tim Kompolnas ke Polsek Miomafo Timur: Analisa dan Evaluasi Terhadap Pelayanan Masyarakat
Kapolsek Miomafo Timur Menerima Buku Radikalisme, Terorisme, dan Deradikalisasi di Indonesia, 08 Juli 2024 (dok. Humas)

Polsek Miomafo Timur Polres TTU menerima kunjungan dari Tim Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Kunjungan ini dipimpin oleh Bpk. H. MOH DAWAM, S.H, I., M.H, serta Ibu PONGKY INDATI, S.H, LLM, yang disambut langsung oleh Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H. (Senin, 08 Juli 2024)

Dalam kunjungan ini, Tim Kompolnas tidak hanya memantau dan menilai, tetapi juga melakukan analisis serta evaluasi terhadap pelayanan yang diberikan Polsek Miomafo Timur kepada masyarakat.

Bpk. H. MOH DAWAM, S.H, I., M.H, menyampaikan pentingnya evaluasi yang dilakukan Kompolnas terhadap pelayanan tersebut untuk memastikan bahwa standar yang ditetapkan terus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan.

Kompolnas menekankan pentingnya hubungan timbal balik yang baik antara Kompolnas dan Polri. Ini tercermin dari upaya pemantauan dan penilaian yang dilakukan Kompolnas yang diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi institusi Polri dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dalam konteks ini, Polres dan Polsek perbatasan, seperti Miomafo Timur, menjadi fokus utama. Sarana prasarana di Polsek ini perlu mendapat perhatian khusus dari Mabes Polri guna memastikan operasional kepolisian berjalan optimal di daerah tersebut.

Salah satu temuan penting dari kunjungan ini adalah kendala yang dihadapi dalam penanganan kasus P19 yang sering mengalami kesulitan mencapai P21. Permasalahan ini sebagian besar disebabkan oleh perbedaan pandangan antara penyidik kepolisian dan penuntut umum di kejaksaan. Kompolnas saat ini sedang mengkoordinasikan upaya untuk menyamakan interpretasi terhadap berbagai pasal dalam peraturan perundang-undangan, sehingga proses penegakan hukum dapat berjalan lebih lancar.

Selain itu, Kompolnas dan Polri juga telah menerbitkan buku berdasarkan hasil penelitian tentang Radikalisme, Terorisme, dan Deradikalisasi di Indonesia. Buku ini berpegang pada nilai Pancasila sebagai dasar negara, yang diharapkan dapat mengintegrasikan keanekaragaman budaya di Indonesia serta membantu menetralisir aksi terorisme di tanah air.

Kunjungan ini juga memberikan kesempatan untuk menyoroti inovasi yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas di Polsek Miomafo Timur. Salah satu program inovatif yang dilakukan adalah sosialisasi pemahaman kebangsaan di sekolah-sekolah dasar tentang Pancasila sebagai dasar dan falsafah bangsa Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mengedukasi generasi muda dan membangun jiwa kebangsaan di wilayah perbatasan dengan Timor Leste.

Kapolsek Miomafo Timur, Ipda Muhammad Aris Salama, S.H, menjelaskan bahwa dalam bidang keamanan wilayah hukum Polsek Miomafo Timur meliputi 49 kelurahan dan desa yang terbagi di 6 kecamatan dan didukung 35 personil Polri termasuk personil yang bertugas di 3 Polsubsektor dan 1 Pospol. Prestasi Polsek Miomafo Timur sebagai Polsek terbaik kedua dalam Kompetisi Kompolnas Award tahun 2023 menjadi bukti komitmen mereka dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Ibu PONGKY INDATI, S.H, LLM, mengapresiasi terobosan yang dilakukan oleh Polsek Miomafo Timur dalam mempertahankan kualitas pelayanan demi menjaga kamtibmas. Informasi yang didapat dari kunjungan ini akan disampaikan secara berjenjang kepada pimpinan, terutama terkait dengan kendala operasional yang dihadapi, guna memastikan pelayanan kepada masyarakat agar tetap optimal.

Secara keseluruhan, kunjungan Tim Kompolnas ke Polsek Miomafo Timur tidak hanya menyoroti tantangan yang dihadapi, tetapi juga mengapresiasi inovasi dan komitmen dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kolaborasi yang baik antara Kompolnas dan  Polri diharapkan akan terus memperkuat sistem pelayanan kepolisian di Indonesia, khususnya di daerah perbatasan yang memiliki tantangan unik.