Patroli Pagi, Raimas Polres TTU Sambangi Pedagang Pasar dengan Humanis

Patroli Pagi, Raimas Polres TTU Sambangi Pedagang Pasar dengan Humanis
Raimas Polres TTU saat menyambangi pedagang pasar lama Kota Kefamenanu, Senin (14/6)

Tribratanewsttu.com-Satuan Samapta Polres TTU yang tergabung dalam anggota pengurai massa (Raimas) melaksanakan kegiatan Patroli pagi di seputaran Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Senin (14/6). Dalam kegiatan tersebut, dengan santun anggota Raimas Polres TTU menyambangi pedagang pasar agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 wita hingga pukul 11.00 wita itu diawali dengan Apel kesiapan dan doa bersama yang dipimpin oleh kasat Samapta Polres TTU, Iptu Warsito dengan sasaran Patroli Seputaran kota kefamenanu.

Menggunakan sembilan unit kendaraan roda dua jenis Vixion dan KLX, anggota yang melakukan patrol yakni  Aipda Ferdy Djami, Aipda Barry Gwejor, Aipda Charles Amtaran, Aipda Albert Ola, Brigpol Johanis Saebesi, Bripda Yerison Leo, Bripda Edwan K. Abdulah, Bripda Nandar Lona dan Bripda Hugo A. Soni. 

Dalam arahan, Iptu Warsito menegaskan, agar dalam melaksanakan Patroli utamakan keselamatan diri Pribadi, selalu menjaga keutuhan regu, waspada, dan berkendaraanlah yang baik dan sesuai aturan sebagai contoh kepada masyarakat. Hindari tindakan-tindakan yang arogan, kekerasan. Pada saat menemukan masyarakat yang melanggar atau melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan dan  hukum. Berikanlah teguran dan himbauan- himbauan yang secara humanis.

Selain itu, agar menghimbau kepada masyarakat baik itu Pengusaha (pedagang, swalayan, toko, tempat hiburan, Cafe, warung, rumah makan) dan pengunjung untuk selalu mematuhi Protokol Kesehatan, “Menghimbau kepada pengendara R2 dan R4 untuk selalu menggunakan Helm saat berkendaraan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, Berhati-hati dan selalu memperhatikan Protokol Kesehatan. Apabila menemukan pelanggar yang tidak mengindahkan himbauan, arahkan ke bagian Lalu Lintas, untuk diberikan tindakan sesuai aturan,”tegasnya.  

Lakukan Patroli ke lokasi-lokasi yang rawan kamtibmas seperti SPBU, Bank, dan juga tempat tempat dipinggiran kota yang sulit di jangkau yang dapat berpotensi timbulnya gangguan kamtibmas,  juga laksanakan patroli ke Rutan Kelas II Kefamenanu, dalam rangka membangun hubungan antar sesama petugas serta menjaga situasi kamtibmas di seputarannya.

“Lakukan penertiban aktivitas premanisme dan edukasi kepada para pemuda agar tidak terlibat dalam kegiatan premanisme karena premanisme merugikan dan meresahkan masyarakat bahkan melanggar hukum,”ujarnya.

Iptu Warsito menjelaskan, saat kegiatan anggota menghampiri sekelompok pemuda yang sementara nongkrong di Pertokoan Tulip dan menghimbau untuk tidak terlibat aksi premanisme seperti Pungli,begal , rampok ,perkelahian dll. Selain itu, Anggota Raimas melaksanakan  giat pengaturan di SMPN I saat bubar sekolah.

Tidak hanya itu, Anggota Raimas juga melakukan sosialisasi kepada para pedagang di pasar lama agar menjaga ketertiban dan selalu menerepakan protokol kesehatan seperti memakai masker,  menjaga jarak dan selalu mencuci tangan menggunakan sabun diair mengalir, “Anggota Raimas menghimbau kepada beberapa warga yang sedang beristirahat di pinggir jalan untuk menerapkan protokol kesehatan dan menjaga ketertiban dan keamanan,”jelasnya.