Satgas Preemtif Polres TTU Imbau Warga Tanam Pohon di Sekitar Lokasi Mata Air

Satgas Preemtif Polres TTU Imbau Warga Tanam Pohon di Sekitar Lokasi Mata Air
Satgas Preemtif Polres TTU saat melakukan sosialisasi di Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, Sabtu (6/8/2022).

Tribratanewsttu.com - Satun Polres Timor Tengah Utara (TTU) kembali melaksanakan kegiatan operasi Bina Karuna di wilayah Hukum Polres TTU. Kali ini, tim yang tergabung dalam Satgas Preemtif itu melakukan sosialisasi di Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU, Sabtu (6/8/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.30 wita tersebut melibatkan 10 personil Satgas Preemtif Polres TTU. Sasaran kegiatan berlokasi di kediaman warga, yakni di rumah tokoh masyarakat, Simon Kosat di dan di Kawasan hutan lindung di RT 02/RW 01, desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU.

Kasi Humas Polres TTU, Iptu I Ketut Suta, menjelaskan, dalam kegiatan tersebut anggota menghimbau kepada masyarakat agar dapat melakukan penghijauan di dekat mata air atau sumber air agar tidak mudah kering di saat musim kemarau tiba. 

Lebih lanjut mantan Kapolsek Insana ini, menjelaskan, anggota juga mehimbauan kepada masyarakat agar jangan melakukan tebas bakar di perkebunan dan kawasan hutan karena dapat mengakibatkan kebakaran hutan dan juga dapat merusak tanaman produktif. "Dapat mengakibatkan mata air menjadi kering, serta gundulnya hutan yang menyebabkan bahaya longsor," tegasnya.

Himbauan lain yang juga tidak kalah penting, demikian Iptu I Ketut Suta, yakni menghimbau kepada masyarakat agar dapat menanam bambu di pinggiran sungai atau kali agar dapat mencegah longsor di saat musim hujan karena akar bambu dapat menahan tanah.

Hasil yang dicapai dalam kegiatan tersebut, kegiatan berjalan aman dan lancar serta tumbuhnya kesadaran terhadap masyarakat untuk tidak tebas hutan serta membakar hutan. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.