Anggota Polsek Insana Pantau Banjir di Tapenpah dan Susulaku

Anggota Polsek Insana Pantau Banjir di Tapenpah dan Susulaku
Anggota satuan Polsek Insana, Polres TTU melakukan pemantauan banjir, Sabtu (19/3/2022). (Foto :TN)

Tribratanewsttu.com- Dalam rangka mengantisipasi dampak bahaya banjir, anggota satuan Polsek Insana, Polres TTU melakukan pemantauan di dua lokasi yakni di Kampung Noenebu, Desa Tapenpah dan Kampung Boni - Nautus, Desa Susulaku, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU, Sabtu (19/3/2022).

Kegiatan pemantauan yang dilaksanakan mulai sore hari pukul 15. 00 wita tersebut dengan turun langsung memantau banjir di sungai yang membentang sepanjang Kacamatan Insana Tengah dan Kecamatan Insana, Kabupaten TTU yang merupakan wilayah hukum Polsek Insana.

Kapolsek Insana Iptu Ansel Pera menjelaskan, hasil pantauan banjir saat itu didapati bahwa debit banjir masih dalam kondisi normal yang mana tidak meluap ke perkampungan maupun lahan di sepanjang sungai. 

"Apabila curah hujan turun terus menerus walaupun dengan intensitas rendah dan adanya banjir kiriman dari kali-kali kecil di sekitar maka banjir akan meluap sehingga mengakibatkan bencana banjir pada pemukiman dan lahan persawahan dan kebun jagung yang ada di daerah aliran sungai," ujarnya. 

Lebih lanjut mantan Kasubag Humas Polres TTU ini menjelaskan, daerah dan lahan persawahan serta kebun jagung yang rawan bencana banjir yakni di Kampung Kleja, Kelurahan Bitauni, Kampung Bokis, Desa Susulaku B, dan di Kampung Nautus, Desa Susulaku A, Kecamatan Insana. 

"Sampai saat ini belum adanya laporan dari warga bahwa adanya bencana banjir maupun longsor yang terjadi di tiga kecamatan di wilayah hukum Polsek Insana yakni Kecamatan Insana, Kecamatan Insana Barat dan Kecamatan Insana Tengah," ujar Iptu Ansel Pera.

Sebagai catatan, saat itu masyarakat masih melakukan aktifitas seperti biasa lantaran  situasi mendung atau berawan. Sempat turun hujan ringan atau gerimis dan tidak ada angin kencang. "Di wilkum Polsek Insana masih terpantau aman yakni korban banjir, pohon tumbang dan tanah longsor nihil. Apabila ada bencana banjir maupun longsor akan segera dilaporkan pada kesempatan pertama," tutup Iptu Anselmus.

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.