Audit Kinerja di Polres TTU, Kombes Pol FX. Irawan Arianto, S.I.K., M.H : Regulasi yang jelas meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja personel Polri.

Audit Kinerja di Polres TTU, Kombes Pol FX. Irawan Arianto, S.I.K., M.H : Regulasi yang jelas meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja personel Polri.

tribratanewsttu.com - Kefamenanu, Kombes Pol FX. Irawan Arianto, S.I.K., M.H., memimpin Tim Audit Kinerja Polisi Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) di Polres Timor Tengah Utara (TTU) pada Jumat, 18 Oktober 2024 dalam rangka melaksanakan Audit Kinerja tahap dua aspek pelaksanaan dan pengendalian. Bersama Tim, Kombes Pol FX. Irawan Arianto melaksanakan rapat bersama para pejabat utama (PJU) di Ruang Vicon Polres TTU. Ia menjelaskan bahwa pentingnya suatu regulasi yang jelas terkait pedoman pelaksanaan tugas yang menjadi acuan untuk dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas kinerja personel di jajaran kepolisian.

Audit yang dilakukan pada tahun 2024 ini berfokus pada evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang telah dilakukan oleh jajaran kepolisian, khususnya di semester satu dan semester dua hingga bulan Oktober. Aspek pelaksanaan berfokus pada rencana yang disusun dan yang telah diterapkan; bahwa setiap unit kerja mampu melaksanakan tugas sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, dan hambatan - hambatan yang ditemui selama proses pelaksanaan. Evaluasi terhadap pelaksanaan tugas penting untuk mengidentifikasi perbedaan antara perencanaan dan realisasi.

Kepala Seksi Pengawasan (Kasiwas) Polres TTU AKP Cosmas Lau menjelaskan bahwa; aspek pengawasan dan pengendalian dalam audit ini bertujuan untuk memastikan adanya mekanisme kontrol yang baik dalam pelaksanaan tugas, dan pengawasan internal yang dilakukan oleh satuan kerja sudah memadai sehingga, pengendalian atas anggaran serta kegiatan operasional dilakukan dengan benar. “tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kegiatan yang dilakukan oleh kepolisian berjalan sesuai dengan prosedur dan tidak melanggar regulasi yang berlaku” Jelas AKP Cosmas.

Dengan dilaksanakannya audit kinerja ini, diharapkan hasil yang diperoleh dapat digunakan sebagai dasar untuk perbaikan dalam menyusun regulasi yang lebih baik di masa depan. Kombes Pol FX. Irawan Arianto menegaskan pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam setiap aspek kinerja sehingga, institusi kepolisian dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan efisien, serta terhindar dari segala bentuk penyimpangan yang dapat merusak citra dan kepercayaan publik terhadap institusi kepolisian.

Mengakhiri sambutannya Kombes Pol FX. Irawan Arianto menyampaikan pesan Kapolda NTT agar setiap personil Polri harus tetap menjaga netralitas selama masa pilkada serentak 2024.