Hendak Masuk ke TTU, 12 Orang PPDP Dari Luar Pulau Timor Diperiksa di Posko Oeprigi

Hendak Masuk ke TTU, 12 Orang PPDP Dari Luar Pulau Timor Diperiksa di Posko Oeprigi
Salah seorang pelaku Perjalanan Dalam Pemantauan (PPDP) yang datang dari luar pulau Timor yang hendak mengunjungi Kabupaten TTU, Senin (23/8).

Tribratanewsttu.com-Tim gabungan Posko Covid-19 di Desa Oeprigi, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melakukan pemeriksaan terhadap 12 orang Pelaku Perjalanan Dalam Pemantauan (PPDP) yang hendak mengunjungi Kabupaten TTU, Senin (23/8).

Pemeriksaan terhadap ke 12 orang tersebut dilaksanakan pada pukul 18.00 wita oleh Tim gabungan yang terdiri dar staf Dinkes TTU, Puskesmas Oemeu, Puskesmas Noemuti, Polsek Noemuti, Dinas perhubungan Kabupaten TTU serta aparat TNI AD Kodim 1618 TTU dan Polres TTU pada Polsek Noemuti yakni Bripka Husnul Azhari yang merupakan Bhabinkamtibmas Desa Noemuti serta Bripka Dikson Gomang sebagai Bhabinkamtibmas Dasa Banfanu dan Kanit IK Jofri A. Sinlaeloe.

Data yang dihimpun Tribratanewsttu.com, menjelaskan, pemeriksaan meliputi Tes suhu tubuh, identitas, asal dan  tujuan perjalanan. Selain itu, khusus untuk penggunaan tes alat deteksi covid 19 Genose yang ada di Pos Oeperigi di peruntukan kepada Pelaku perjalanan dari luar wilayah NTT yang rapit tesnya kadaluarsa (3x24 jam, terhitung tanggal dikeluarkan).  Pelaku perjalanan dari luar pulau Timor yang rapitnya kadaluarsa dan yang tidak membawa hasil rapit tes serta Semua palaku perjalanan yang memiliki gejala covid-19.

Hasil deteksi Genos apabila negatif maka pelaku perjalanan diijinkan memasuki wilayah Kabupaten TTU sedangkan hasil deteksi Genos apabila Positif maka pengetesan diulangi sebnyak 2x dan masih positif maka pelaku perjalanan di antar ke tempat karantina terpusat Rusunawa/BLK untuk dites lebih lanjut. Semua kendaraan roda 6,4,dan roda 2, dihentikan dan penumpang diturunkan guna diperiksa.

12 orang PPDP yang berasal dari luar  pulau timor  yang masuk ke wilayah TTU yakni Fransiskus  O. Hananto, asal perjalanan manggarai, tujuan Benpasi, Mathilda Lador, asal perjalanan Manggarai, tujuan Benpasi, Florentina Sumta, asal perjalanan Manggarai, tujuan BTN Km 9, Kefa, Ferdinandus Ordin, asal perjalanan Manggarai, tujuan BTN Km 9, Haviani Wati, asal perjalanan Manggarai, tujuan BTN km 9,  Helensiana Jelita, asal perjalanan Manggarai tujuan BTN Km 9, Adon Z. Letmai, asal perjalanan Alor, tujuan Oenenu, Miotim,

Selain itu, Lusiana Gaga, asal perjalanan Alor tujuan Nesam, Insana, Deny Rohman, asal perjalanan Jakarta, tujuan Hotel Viktory Kefa, Komang Warok, asal perjalanan Jakarta tujuan Hotel Viktory Kefa,  Rose Setiawan, asal perjalanan Jakarta tujuan Hotel  Viktory Kefa, Agus Setiawan, asal perjalanan Jakarta tujuan Hotel   Viktory Kefa,. Kedubelas pelaku perjalanan membawa dokumen lengkap, hasil Rapid Negative.

PPDP dari luar  timor yang tidak membawa hasil Rapid dan didilakukan deteksi Genos di Pos Operigi berjumlah 1 Orang atas nama Florentina, D. Jelita (19) asal perjalanan Manggarai tujuan Kefamenanu, Kel. Sasi, Kota Kefa. Terhadap yang bersangkuta dilakukan deteksi Genos dan hasil Negatif.