Jumat Curhat di Mapolres TTU, Bahas Sinergitas Sukseskan Pilkades Serentak 2023

Jumat Curhat di Mapolres TTU, Bahas Sinergitas Sukseskan Pilkades Serentak 2023
Kegiatan Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat) tersebut dilaksanakan di Mapolres TTU, Kamis (16/3/2023). (Foto: Humas Polres TTU)

Tritbratanewsttu.com - Satuan Polres TTU kembali melaksanakan kegiatan jumat curhat. Kali ini, kegiatan dalam momen Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (Ngechat) tersebut dilaksanakan di Mapolres TTU, Kamis (16/3/2023)

Kegiatan yang dilaksanakan mulai sekira pukul 09.00 wita tersebut disiarkan secara live melalui siaran RRI Atambua. Hadir saat itu, Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Laode Irwan Halim S.I.P, M.Tr (Han) yang diwakili oleh Pasi Intel Kapten Inf. Agustinus Ahang, Kepala Dinas PMD TTU Drs. Arkadius Atitus, M.Si, dan Sekretaris Badan Kesbangpol TTU, Rofinus Knaofmone. 

Dipandu presenter RRI Atambua, Epi Mau sesi curhat dalam suasana santai sambil diskusi serta tanya jawab tersebut diawali pembukaan oleh Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., dengan menyapa semua yang hadir. 

Pemaparan awal oleh, Kepala Dinas PMD TTU Drs. Arkadius Atitus, M.Si, yang menerangkan bahwa dalam menghadapi Pilkades serentak terdapat beberapa tahapan, yaitu, persiapan, pencalonan pendaftaran verifikasi penetapan calon, pelaksanaan Pilkades pada tanggal 17 Mei 2023.dan penetapan calon Kades terpilih yang kemudian akan dilantik menjadi Kades.

Pada kesempatan kedua, Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., menyampaikan bahwa Sit Kamtibmas di Kabupaten TTU masih kondusif dilihat dari aktifitas masyarakat yang  tenang tanpa gangguan. Hanya saja kasus KDRT di wilayah Kabupaten TTU berada di peringkat 1 NTT sehingga kami memberikan sosialisasi yang akan menekan angka KDRT. "Ini semua merupakan dampak dari mengkonsumsi Miras," jelaskan Kapolres TTU.

Pasi Intel Kodim 1618 TTU Kapten Inf. Agustinus Ahang, menjelaskan bahwa anggota Bhabinsa selalu bersinergi dengan Bhabinkamtibmas agar selalu memberikan dukungan dalam pelaksanan pemerintah daerah dan membantu Polri dalam melaksanakan tugas untuk mensukseskan Pilkades.

Dipandu presenter RRI Atambua, Epi Mau, saat sesi tanya jawab, menanyakan terkait langkah-langkah dalam menghadapi Pilkades serentak tahun 2023. 

Sekretaris Badan Kesbangpol TTU, Rofinus Knaofmone, mengatakan bahwa pihaknya akan membangun kordinasi dan komunikasi dengan instansi terkait. Bersama dinas PMD akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat dan selalu membangun koordinasi dengan camat agar melaksanakan deklarasi damai bagi calon-calon Kepala desa. 

"Kami juga berharap tidak terjadi konflik di tengah masyarakat seperti pada tahun 2017 yang pada saat itu ada beberapa desa yang terjadi konflik dan batal dalam Pilkades. Sehingga hal yang dapat kami lakukan sekarang yaitu membuat pemetaan konflik sehingga meminimalisir adanya konflik dalam Pilkades," jelasnya. 

Sementara itu, Kapolres TTU Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H manambahkan, akan melakukan pemetaan dari Polsek jajaran. Dari kegiatan rutin jumat curhat masyarakat dapat memberitahukan keluhan-keluhan yang berkaitan dengan Pilkades sehingga bisa diatasi bersama.

"Kami juga sebelum pelaksanaan Pilkades akan melakukan kegiatan patroli rutin KRYD untuk meminimalisir dampak-dampak buruk yang akan terjadi," tegasnya. 

Pertanyaan berikut tertuju pada Badan Kesbangpol TTU tentang langkah-langkah apa saja yang telah di lakukan untuk menghadapi Pilkades. "Kami selalu mengundang TNI dan POLRI. Terkait Potensi kerawanan konflik kita melihat berdasarkan kejadian sebelumnya seperti Miomafo Barat agar meminimalisir dampak buruk yang akan terjadi," jelas, Sekretaris Badan Kesbangpol TTU, Rofinus Knaofmone. 

Terkait pertanyaan apakah anggaran Pemda sudah direalisasikan, Kapolres TTU menerangkan bahwaanggaran dari Pemda TTU belum diterima. "Masih menunggu anggaran tersebut tetapi pada intinya kami selalu siap dalam melakukan pengamanan dalam Pilkades Tahun 2023," jelasnya. 

Pasi Intel Kodim 1618 TTU, Kapten Inf. Agustinus Ahang, menambahkan, Kodim 1618/TTU siap melakukan dukungan kekuatan dalam hal PAM teritorial kepada Polres TTU jika betul-betul di butuhkan sehingga Pilkades dapat berjalan baik.

"Panitia akan melakukan pendataan Panitia Pemilihan sementara sehingga ada pemilih yang dobel di daerah lain yang jika mencoblos maka kemungkinan tidak akan terjadi. Dan juga beberapa desa yang baru melaksanakan Pemilu mereka juga akan fokus kepada desanya masing-masing.Untuk Anggaran Pilkades berasal dari desa sendiri, maka untuk dukungan anggaran bagi TNI Polri sementara masih berproses sehingga kami tetap membangun komunikasi yang baik," tambah Kadis PMD TTU, Arka Atitus. 

Bagaimana jika ada anggota-anggota dari TNI maupun Polri yang terlibat dalam Pilkades tersebut ?, tanya presenter RRI Atambua, Epi Mau. Menanggapi pertanyaan tersebut, Pasi Intel Kodim 1618/TTU Kapten Inf. Agustinus Ahang menerangkan bahwa akan melakukan penekanan-penekanan terhadap anggota agar tidak ikut serta dalam kepentingan Pilkades. 

"Menyampaikan kepada panitia agar menjalankan tugas dan tanggung jawab yang baik dan benar.Dalam perangkat daerah ada beberapa anggota yang menjadi Plt.Kepala desa sehingga pertimbangan Bupati untuk tidak mengikutsertakanmereka tetapi bagi pegawai yang sudah Pensiun mereka dapat melaksanakan Pilkades," jelas Kadis PMD TTU. 

"Polri dilarang mengikuti Politik Praktis sesuai instruksi dan arahan Kapolri sehingga jika ada yang terlibat maka akan di proses sesuai aturan yang telah di tentukan Kapolri," tambah Kapolres TTU. 

Tokoh Masyarakat Kelurahan Maubeli, Agus, mengatakan bahwa di lingkungan mereka memiliki tetangga yang belum memiliki KTP sehingga dapat mencari solusi agar bagaimana masyarakat tersebut tidak kehilangan hak-hak pemilihnya.

Anggota KBPP Polri, Elfi Naro pada kesempatan ituberharap kepada Dinas PMD TTU dan Kesbangpol agar adanya strategi khusus bagi kepala desa yang terpilih agar tdak terjerumus dalam kasus-kasus korupsi yang sering kita dengar, sehingga kemajuan dan pembangunan 154 desa benar-benar terselenggara dengan baik.

"Kami selalu mendoakan bapa-bapa dari TNI Polri Dinas PMD dan Kesbangpol agar dalam pelaksanaan Pilkades 2023 di wilayah Kabupaten TTU dapat terselenggara dan berjalan dengan baik," tambah salah satu tokoh agama yang hadir. 

Dalam sesi pernyataan penutup, Sekretaris Kesbangpol TTU mengatakan bahwa semua ikut memberikan peran yang baik dalam Pilkades sehingga berjalan aman, Kadis PMD menerangkan Pilkades 2023 dapat berjalan baik jika semua pihak dapat berjalan bersama dan selalu bekerja sama. Sementara pasi Intel Kodim 1618 menyatakan siap mengawal Pilkades Tahun 2023 dan Kapolres TTU 

berkomitmen untuk siap melakukan Pengamanan secar jujur dan adil dalam pelaksanaan Pilkades 2023. "Pilkades merupakan tanggung jawab bersama dan akan berjalan baik-baik saja jika kita semua cerdas," tutup Epi Mau. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.