Jumat Curhat di Miomaffo Barat, Kapolres TTU Tekankan Bahaya TPPO dan Miras

Jumat Curhat di Miomaffo Barat, Kapolres TTU Tekankan Bahaya TPPO dan Miras

Tribratanewsttu.com - Polres Timor Tengah Utara (TTU) kembali menggelar kegiatan Jumat Curhat di wilayah hukum (Wilkum) Miomaffo Barat, Jumat (1/12/2023). Dalam kegiatan rutin tersebut, Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H menekankan terkait bahaya masalah Tindak Pidana Perdagangan Orang dan Minuman Keras (Miras).

Kegiatan dihadiri Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H, Kabag Sumda Polres TTU, Kasat Lantas Polres TTU, Kasubag Bin Ops Polres TTU, Kaur Bin Ops Polres TTU, Kapolsek Miomaffo Barat, Ustad Mesjid Al - Hidayah Eban dan para jamaah setempat. 

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H dalam kegiatan bertajuk Ngopi Curhat Bareng Polisi Mendengar (NGECHAT), menjelaskan, tujuan Jumat Curhat agar Polri mendekatkan diri kepada masyarakat, serta mendengar Aspirasi atau masukan dari Masyarakat khususnya Jemaah Al - Hidayah Eban dengan pelayanan dan pengaduan baik di Polsek Miomaffo Barat maupun di Polres TTU agar terciptanya Kamtibmas yang kondusif di wilayah Kecamatan Miomaffo Barat, khususnya dan Kabupaten TTU umumnya. 

Sementara itu, terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Mantan Subdit IV Renakta Ditreskrimum Polda NTT ini menekankan agar masyarakat tidak mudah dipengaruhi atau terhindar dari bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), Apabila ada orang tak dikenal yang datang ke rumah masyarakat untuk melakukan penawaran atau ingin mengkerut Tenaga Kerja Indonesia ( TKI), agar seluruh warga masyarakat dapat menanyakan identitas terhadap orang tersebut. 

"Tidak boleh cepat mempercayai dengan bujuk rayu orang tidak dikenal/perekrut tsb, dan pada akhirnya masyarakat  kita yang adi korban tindak pidana perdagangan orang," ujarnya. 

Dikatakan, apa bila ada yang mengalami atau mengetahui hal tersebut, agar Segera melaporkan  kepada pihak yang berwewenang setempat atau bisa langsung menghubungi Bhabinkamtibmas, ataupun Pemerintah Desa setempat untuk bisa segera menindak lanjuti. 

Lulusan Akpol 2004 ini lalu menekankan terkait tingkat kriminalitas akibat miras saat cukup tinggi di wilayah kabupaten TTU. Oleh karena itu, untuk dapat menekan penyebab kejadian tersebut Kapolres TTU mengimbau agar seluruh masyarakat baik yang ada di wilayah kecamatan Miomaffo barat maupun tingkat Kabupaten Timor Tengah Utara agar tidak melakukan atau mengonsumsi minuman keras yang berlebihan sehingga tidak menimbulkan  tindak pidana yang akan merugikan diri sendiri dan keluarga. 

"Terkait dengan pemilu saat ini kita semua tau bahwa Tahun ini adalah tahun Politik terutama sekarang kita sudah memasuki tahapan pesta demokrasi, yang mana sekarang sudah masuk pada tahap kampanye,  karena itu kami dari pihak Kepolisian selalu mengharapkan keamanan dari bapak - ibu sekalian yang ada di wilayah kecamatan Miomaffo Barat untuk tetap menjaga Kamtibmas agar tetap kondusif," tambahnya. 

Giat tersebut selesai pada jam 13.45 wita,  selanjutnya Kapolres TTU bersama rombongan meninggalkan wilayah hukum Polsek Miomaffo Barat menuju Mako Polres TTU.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat