Kapolres TTU Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga 2023

Kapolres TTU Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga 2023
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik.,M.H saat memimpin langsung kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga-2023 tingkat Polres TTU, Senin (17/4/2023). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik.,M.H memimpin langsung kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga-2023 tingkat Polres TTU, Senin (17/4/2023). 

Hadir sebagai peserta apel yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita di Lapangan Apel Mapolres TTU, yakni 1 pleton anggota TNI AD Kodim 1618/TTU, 1 pleton Satuan Pol PP Pamong Praja Kabupaten TTU, 1 Pleton Sat Intelkam Polres TTU, 1 pleton Sat Lantas Polres TTU, 1 pleton Sat Samapta Polres TTU, para PJU dan Kapolsek jajaran Polres TTU. 

Undangan yang hadir terdiri dari Dirut RSUD Kefamenanu, perwakilan Pengadilan Negeri Kefamenanu, Jasa Raharja, Ketua MUI, Perwakilan BPBD Kabupaten TTU, Ketua Pemuda GMIT Petra Kefamenanu dan Ketua PHBI Kabupaten TTU. 

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat diwawancarai awak media usai pimpin apel gelar pasukan, menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. "Kita lakukan sesuai dengan perintah bapak kapolri. Sesuai dengan keputusan bersama bahwa pada prinsipnya untuk apel gelar pasukan tahun 2022 diapresiasi oleh masyarakat dan itu merupakan suatu gambaran bahwa masyarakat menginginkan kehadiran negara dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ungkapnya. 

Lebih lanjut Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H menjelaskan bahwa Operasi Kepolisian Terpusat Turangga 2023 merupakan bentuk operasi kemanusiaan. Untuk itu, tidak hanya Polri saja yang melaksanakan pengamanan namun harus didukung oleh semua stakeholder. 

"Ini adalah operasi kepolisian, operasi kemanusiaan maka mohon dibantu. Ini ada saudara-saudara kita yang melaksanakan kegiatan mudik. Siapa lagi yang mengamankan kalau bukan kita-kita ini yang memiliki tanggungjawab untuk mengamankan," ujarnya 

Mantan Kepala Sub Direktorat Remaja, Anak dan Wanita (Kasubdit Renakta) Dit Reskrimun Polda NTT ini mengharapkan agar kegiatan Operasi Ketupat Turangga di tahun-tahun mendatang bisa didukung. "Makanya sinergitas itu diperlukan karena Polri tidak bisa bekerja sendiri termasuk kami mengandalkan teman-teman TNI juga. Karena ini adalah pengamanan khusus kemanusiaan maka kami harapkan untuk ke depannya untuk lebih bersinergi," tegasnya. 

Lulusan Akpol 2004 ini menjelaskan, sesuai dipa RKKL, pihak Polres TTU menyiapkan 70 personel. "Namun kita all out. Yang Muslim juga membantu kita dalam pengamanan. Jadi dalam kegiatan ibadat juga menggunakan pakaian berseragam dalam rangka memberi kenyamanan bagi saudara-saudara kita yang melaksanakan ibadat. Rangkaian kegiatan mulai dari pelaksanaan perjalanan mudik juga kembali dan melaksanakan ibadahnya. Kita amankan," pungkasnya. 

Dikatakannya, yang menjadi sasaran pengamanan lainya yakni dua lokasi Obyek wisata yang ada di Kabupaten TTU seperti Obyek Wisata Tanjung Bastian dan Obyek Wisata Oeluan. Untuk Pos Pengamanan, ada tiga kategori yang terdiri dari satu Pos Terpadu yang dipusatkan di Pos Tulip untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan sementara Pos Pengamanan ada tiga yakni di Masjid Jami' Al- Muhajirin KM 4, Kelurahan Maubeli, Jurusan Kupang, Masjid Al-Mujahidin, Naesleu, Kelurahan Kefamenanu Selatan dan Masjid Agung Nurul Falah.

"Untuk Masjid-masjid yang lain akan diamankan oleh Polsek jajaran. Kita sifatnya mobile. Apa bila diperlukan kita bergerak jadi tidak kaku pada satu pos. Untuk pos pelayanan sendiri nanti ada di terminal. Polres TTU melaksanakan pengamanan sesuai dengan slogan yakni "Mudik Aman Berkesan". Kami berharap kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan mudik agar betul-betul aman dan berkesan. Harus menjadi polisi bagi diri sendiri. Apa bila ada hal yang bisa dibantu maka bisa disampaikan," tutupnya. 

Kasat Pol PP Kabupaten TTU, Agusto Solokana menambahkan, pihaknya akan melakukan koordinasi secara baik bersama Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan dan unsur terkait lainya sehingga pengamanan bisa berjalan sesuai dengan harapan. "Kita sejalan dengan apa yang disampaikan bapak Kapolres TTU bahwa ini adalah operasi kemanusiaan maka harus saling mendukung," tambahnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat