Kapolsek Bisel Kawal Proses Vaksinasi Hingga Lampaui Target, Ternyata Ini Rahasianya

Kapolsek Bisel Kawal Proses Vaksinasi Hingga Lampaui Target, Ternyata Ini Rahasianya
Masyarakat Biboki Selatan bergegas turun dari mobil Patroli untuk mengikuti Vaksin, Kamis (9/9/2021)

Tribratanewsttu.com- Kapolsek Biboki Selatan, Iptu I Made Seri bersama anggota melakukan pengawalan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait proses Vaksinasi yang dilaksanakan di wilayah hukum setempat, Selasa (9/9/2021). Alhasil, sasaran masyarakat yang melakukan Vaksin melampaui target yang direncanakan. 

Proses Vaksinasi dosis pertama yang dilaksanakan saat itu di dua lokasi, yakni di Puskesmas Oenopu, Desa Teba Timur, Kecamatan Biboki Tanpah dan di Puskesmas Manufui, Kecamatan Biboki Selatan. Jenis Vaksin yang digunakan yaitu AstraZeneca. 

Di Puskesmas Oenopu, jumlah masyarakat peserta Vaksin sebanyak 109 orang. Stok Vaksin 10 Vial. Habis terpakai. Berdasarkan hasil screening terhadap 109 orang tersebut, yang dinyatakan lolos screening sebanyak 101 orang sedangkan 8 orang lainya batal divaksin karena hipertensi.

Sementara itu, di Puskesmas Manufui proses Vaksin melampaui target. Berdasarkan hasil screening sebanyak 150 orang dinyatakan lolos. Sebelumnya hanya 104 orang tetapi yang melaksanakan vaksin 150 orang, "Antusias masyarakat yang ingin melakukan Vaksin masih ada tetapi kondisi dokter 1 orang  sudah melayani 150 orang merasa kelelahan dan mengalami gangguan kesehatan atau hamil," jelas Kapolsek Biboki Selatan, Iptu I Made Seri.

Iptu I Made Seri menjelaskan, alur pelaksanaan Vaksin Covid-19 saat itu susuai SOP. Meja satu melakukan pencatatan serta pendaftar (verifikasi data), Meja dua melakukan Screening anamnesa dan edukasi Vaksin Covid-19, Meja tiga melakukan pemberian Vaksin kepada  sasaran dan meja empat melakukan evaluasi mempersilahkan sasaran untuk beristirahat 30 menit untuk megantisipasi  KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi ) serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Giat Vaksin berakhir pada pukul 18.00 wita, dengan aman dan lancar serta mengikuti protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M, "Demi kelancaran Giat Vaksinasi Nasional Covid-19 di Wilayah Hukum Polsek Biboki selatan, kami melakukan berbagai upaya dalam mengajak masyarakat untuk mengikuti Vaksinasi yang diselenggarakan di Puskesmas Manufui dan di Puskesmas Oenopu,"jelasnya. 

"Memobilisasi masyarakat yang hendak mengikuti kegiatan vaksin di puskesmas Manufui dengan mobil patroli polsek Biboki selatan, mengingat salah satu kendala dalam menyukseskan giat vaksinasi Covid-19 adalah keterbatasan sarana transportasi dan biaya transportasi dari desa ke Puskesmas,"ujar Iptu I Made Seri yang mengaku meski mobil Operasional Polsek yang memiliki bak terbuka tetapi antusiasme masyarakat sangat besar terhadap pelayanan apa adanya yang di berikan oleh Polsek Biboki Selatan. 

Berbagai upaya yang dilakukan untuk menyadarkan masyarakat, jelas Iptu I Made Seri, diantaranya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya vaksinasi demi terbentuknya kekebalan tubuh terhadap virus Covid-19 (Herd imunity) dan merupakan salah satu upaya memutus penyebaran Covid-19.

Kapolsek Biboki Selatan mengucapkan limpah Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah dengan kesadaran penuh untuk datang dan mengikuti kegiatan vaksinasi Nasional yang diselenggarakan. 

Terima kasih juga untuk semua petugas vaksinator di Puskesmas Manufui, Puskesmas Oenopu, puskesmas Kaubele , Rekan-rekan TNI yang selalu setia bersama dalam kegiatan Vaksinasi Covid-19 serta Para Camat dan Kepala Desa di wilayah Hukum Polsek Biboki Selatan. Soliditas yang kuat dan Dukungan Kita semua sangat penting demi suksesnya program Vaksinasi Nasional covid 19 untuk Indonesia Yang Sehat, Kuat dan bebas dari Covid-19. #opu#