Latihan Pra Operasi "SIMPATIK TURANGGA-2016" Di Gelar

Latihan Pra Operasi

Pelatihan operasi simpatik dilaksanakan dalam 1 (satu) hari, yakni pada hari Sabtu (27/2/2016) yang bertempat di Aula Polres TTU Pukul 09.00 Wit, pembukaan pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Waka Polres TTU kepada Perwakilan peserta pelatihan.

Wakapolres TTU (Kompol Amatus Tefa) selaku Inspektur Upacara membuka Latihan Pra Operasi Simpatik Turangga 2016 dalam rangka mengoptimalisasikan penerapan kawasan tertib lalulintas (KTL) guna menciptakan lokasi penggal jalan yang tertib marka, rambu, parkir serta pengguna jalan sehingga dapat menciptakan kamtibcarlantas.

Latpraops ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Personil POLRI khususnya pada seluruh anggota jajaran Polres TTU yang akan ditugaskan dalam pelaksanaan Operasi Simpatik Turangga 2016, Operasi ini akan dilakukan mulai tanggal 1 Maret s/d 21 Maret 2016.

Pelatihan ini membahas tentang Teknik dan Taktik dilapangan sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan, untuk itu dibutuhkan keseriusan dari peserta Latpraops ini.

Wakapolres TTU menenkankan kepada setiap anggota yang melaksanakan kegiatan ini agar &Tidak Arogan tetapi tetap bersikap sopan dalam menghadapi sekecil apapun pelanggaran Lalulintas, Kemacetan Lalulintas, serta dalam dalam menangani kasus-kasus kecelakaan Lalulintas yg ada.

Dalam pelaksanaan Operasi ini juga membahas tentang tindakan Preemtif yang harus dilakukan yakni Dikmas dan Penyajian materi Lantas lebih diutamakan. Tindakan Preemtif juga harus di dukung dengan kegiatan Preventif yang menyangkut Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (TURJAWALI). Sedangkan kegiatan Represif yang mencakup kegiatan penindakan pelanggaran Lalulintas, kegiatan terhadap kerawanan kecelakaan Lalulintas dan kemacetan Lalulintas.

Kegiatan Latpraops Simpatik didasari dengan UU nomor 2 tahun 2002 tentang POLRI, UU nomor 22 tahun 2009 tentang Lalulintas dan angkutan jalan, dan Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2009 tentang Manajemen Operasi Kepolisian (MOK).( Intan / Arif )