Operasi Patuh Ranakah 2021 di TTU, Sejumlah Pengendara Diberi Masker

Operasi Patuh Ranakah 2021 di TTU, Sejumlah Pengendara Diberi Masker
Lantas Polwan Polres TTU saat memberikan masker kepada salah seorang pengendara ketika melaksanakan kegiatan Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Ranakah-2021, Senin (20/9/2021). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com-Polres Timor Tengah Utara pada satuan lalu lintas (Lantas) melaksanakan kegiatan Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Ranakah-2021, Senin (20/9/2021). Kegiatan tersebut dalam rangka cipta kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) di tengah pandemi corona virus disease-19 (covid-19).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 16.30 wita itu diawali apel gabungan yang dihadiri oleh Sat Lantas Polres TTU, anggota Kodim 1618 TTU 1 Pleton, Anggota Sat Intelkam Polres TTU, Anggota Sat Reskrim Polres TTU dan Anggota Humas Polres TTU. Dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres TTU (Kapusdataopsres), KBO SatIntelkam (Kasatgas Lidik), KBO Satnarkoba (Kasetopsre), Kaposkores ranaka 2021 dan Pasiops Kodim 1618 TTU, Letda Adolfo Mendonsa.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga pukul 17.10 wita itu berjalan aman dan lancer. Sejumlah pengendara roda dua dan roda empat, bahkan sopir truk, para penumpang angkutan kota dan angkutan pedesaan yang kedapatan tidak menggunakan masker, langsung ditahan dan diberi himbauan secara humanis untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kasat Lantas Polres TTU AKP Firamuddin, menjelaskan, Giat Operasi Patuh Ranakah - 2021 untuk cipta kondisi Kamseltipcarlantas di tengah pandemi Corona Virus Disiase 19 (Covid-19) dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas.

Polri, kata Kasat Lantas Polres TTU AKP Firamuddin, melaksanakan operasi kepolisian di tingkat Polda dan Polres dengan sandi operasi " Patuh Ranakah 2021". Akan dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari tanggal 20 september sampai dengan 3 oktober 2021, secara serentak di seluruh indonesia.

Operasi patuh ini, jelasnya, merupakan jenis operasi harkamtibmas yang mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan persuasif serta humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi covid-19,"Sasaran operasi ini meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang dapat menghambat dan mengganggu kamseltibcarlantas serta penyebaran covid-19," terangnya.

Dengan berpedoman pada sasaran tersebut di atas, diharapkan operasi patuh tersebut dapat menekan jumlah korban fatalitas laka lantas, meminimalisir kemacetan lalu lintas, meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19 serta terwujudnya kamseltibcarlantas yang mantap.

“Giat operasi pekat tersebut dilaksakan secara simpatik dalam hal ini tidak adanya penindakan terhadap pelanggar dan hanya bersifat peneguran, selanjutnya di bagikan masker kesehatan kepada pengendara yang tidak menggunakan masker,”ujar AKP Firamuddin. Pada pukul 17.10 wita giat operasi patuh 2021 selesai berjalan aman dan lancar.