Patroli Dialogis, Bhabinkamtibmas Kefa Utara Polres TTU Beri Piagam Duta Anti KDRT Kepada Pasutri

Patroli Dialogis, Bhabinkamtibmas Kefa Utara Polres TTU Beri Piagam Duta Anti KDRT Kepada Pasutri

Tribratanewsttu.com - Bhabinkamtibmas Kelurahan Kefamenanu Utara, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Bripka M. Virmon, S. H memberikan piagam duta Anti KDRT kepada sepasang pasangan suami istri (Pastutri) yang baru menikah pada, Jumat (27/10/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan pada pukul 20.00 wita tersebut bertempat di halaman rumah warga masyarakat  RT 002/RW 001, Kelurahan Kefamenanu utara, Anselmus Naihati. Saat itu Bripka Virmon tengah menghadiri acara resepsi pernikahan warga binaan, Leonardo Rikardus Usboko dan Amanda Ernalia Naihati serta memberikan himbauan kamtibmas. 

Bripka M. Virmon menyampaikan pesan kamtibmas kepada tamu undangan dan kedua mempelai serta kepada kedua keluarga besar dari kedua mempelai bahwa acara resepsi bahwa acara tersebut telah dikantongi ijin dari Polres timor tengah utara dari pukul 19.00 wita sampai pukul 24.00 wita.

Hal tersebut merupakan aturan yang wajib untuk dipatuhi bersama. Apabila melanggar atau tidak mengindahkan hal tersebut, maka resiko ditanggung oleh kedua keluarga besar karna Bhabinkamtibmas sudah menyampaikan hal tersebut.

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan kepada seluruh tamu undangan agar saat acara bebas silahkan bergembira bersama kedua mempelai namun tetap memperhatikan beberapa hal. Yakni, ketika goyang atau dansa tolong rokoknya dimatikan dan jangan mengkonsumsi miras serta jangan melakukan tindakan lain yang melawan hukum seperti kegiatan judi ataupun sejenisnya. Apabila tidak diindahkan, maka resiko ditanggung dan jangan salahkan Bhabinkamtibmas ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan karena  sudah disampaikan pesan dan himbauan kepada semua untuk taati dan laksanakan. 

Bhabinkamtibmas juga menyampaikan pesan kepada pemuda lingkungan seroja agar membantu menjaga keamanan dan kenyamanan para tamu undangan selama berada di tenda resepsi, serta menjaga keamanan dan kenyamanan dari kendaraan para tamu undangan agar tetap aman sehingga sepulangnya para tamu undangan dari tempat acara mereka akan menceritakan hal yang baik atau hal positif selama berada di tempat resepsi.

Di penghujung himbauan Kamtibmas, Bripka M. Virmon memberikan piagam sebagai duta anti KDRT kepada Pasutri agar bisa mengkampanyekan terkait anti KDRT di tempat atau lingkungan mereka menetap nantinya dan kalaupun tidak bisa mempengaruhi orang lain minimal kedua pasutri bisa menjadi teladan atau panutan untuk tidak melakukan KDRT karena tindakan KDRT sangat berdampak buruk bagi pasutri maupun keturunan dari pasutri nantinya.

"Inovasi ini dilakukan untuk menekan angka tindakan pidana di wilayah hukum Polres TTU karena sesuai dengan data yang ada bahwa sampai dengan saat angka KDRT melapor ke Polres TTU sangat tinggi," pesannya.

Terakhir pesan Bhabinkamtibmas, ingatlah momen pada malam hari bahwa Pasutri yang berbahagia sudah dinobatkan sebagai duta anti KDRT di hadapan para tamu undangan jangan sia - siakan momen itu. Ketika ada perselisihan dalam keluarga selesaikanlah secara baik tanpa melakukan KDRT karena anda berdua adalah Duta Anti KDRT. Pasanglah piagam ini di raungan tamu atau di dinding kamar tidur dari pasutri. 

Hasil yang dicapai, para tamu undangan dan kedua keluarga besar serta kedua pasutri menyampaikan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas yang sudah memberikan himbauan dan sudah memberikan masukan berupa inovasi untuk menekan angka KDRT di wilayah Kelurahan Kefa Utara maupun wilayah Kabupaten TTU pada umumnya. Warga masyarakat binaan khususnya warga RT 002 menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bhabinkamtibmas yang selalu turun berpatroli di lapangan. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.