Pengaman Pendaftaran 3 Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati : Anggota Polres TTU Serbu Gerobak Bakpau Akang Mus

Pengaman Pendaftaran 3 Bakal Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati : Anggota Polres TTU Serbu Gerobak Bakpau Akang Mus
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.I.K., M.H saat turut serta mengamankan tahap pendaftaran pilkada 2024 di Kantor KPUD TTU

Persiapan pengaman tahap pendaftaran Pilkada serentak 2024 diawali dengan melaksanakan Apel Pagi di Lapangan Apel Polres TTU pukul 07.30 wita. Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.I.K.,M.H. memberi arahan kepada seluruh anggota agar tetap disiplin dan dapat memahami serta melaksanakan amanat Kapolda NTT terkait segala pelangaran yang tidak boleh dilakukan anggota Polri selama proses tahapan Pilkada berlangsung. 

Seluruh anggota dibagi menurut lokasi pengamanan dibawah koordinator seorang perwira pada masing masing regu untuk melaksanakan pengamanan tahap pendaftaran yang akan berlangsung di gedung KPUD Kabupaten TTU. Dibawah pimpinan Bpk. Kapolres, pukul 08.30 wita seluruh personil pengamanan bergerak dari Mapolres TTU menuju Gedung KPUD.

Pada pukul 08.45 wita seluruh personil Polres TTU telah berada di lokasi pengamanan, dan hingga pukul 10.45 wita masih belum ada satupun bakal calon yang melaksanakan pendaftaran. Bersama Bpk. Kapolres dan para perwira momen ini digunakan oleh seluruh anggota Polres TTU untuk makan siang bersama. Satu ekor Babi Panggang, satu ekor Ikan Panggang, dan Guali Kambing disiapkan sebagai hidangan santap siang bersama. Situasi ini memberikan nuansa santai bagi Bpk. Kapolres dan seluruh anggota Polres TTU. Disuguhkan dengan Kopi Jahe tentu semakin menghangatkan suasana.

Pukul 12.30 wita Paket Krisna tiba di Gedung KPUD TTU untuk melaskanakan pendaftaran Calon Buptai dan Calon Wakil Bupati. Anggota Polres TTU kembali ke lokasi pengamanan masing – masing sesuai pembagian tugasnya. Sementara Tim Verifikasi KPUD melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi Paket Krisna.

Pukul 15.00 wita Tim Verifikasi menyatakan bahwa administrasi Paket Krisna telah lengkap dan lulus verifikasi sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati TTU dan selanjutnya akan mengikuti tes kesehatan di Kupang. Rombongan Paket Krisna yang berjumlah sekitar 1300 orang bergerak menggunakan iring – iringan mobil dan sepeda motor kembali ke titik kumpul di kilo meter 5 jurusan Atambua dan dikawal Sat Lantas Polres TTU.

Suasana kembali santai hingga pukul 16.05 wita rombongan Paket Tentram bergerak dari Gedung Golkar menuju Kantor KPUD TTU untuk melaksanakan pendaftaran. 100 orang adalah jumlah rombongan Paket Tentram berjalan kaki memasuki Kantor KPUD. Diterima Ketua KPUD, Paket Tentram selanjutnya melaksanakan verifikasi administrasi dibawah pengawasan Bawaslu TTU.

Pukul 17.00 wita proses verifikasi administrasi Paket Tentram belum juga usai. Anggota yang melaksanakan pengamanan mulai terlihat lelah. Pucuk dicinta ulampun tiba, terlihat gerobak Bakpau melintas di depan anggota Polres TTU yang sedang bertugas, tanpa tanggung – tanggung gerobak Bakpau tersebut diserbu anggota Polres TTU dan dalam sekejap 170 bakpau ludes dilahap anggota yang melaksanakan pengamanan.

Diketahui pemilik gerobak Bakpau adalah Akang Mus, dengan tersenyum lega, ia menghitung jumlah yang akan dibayarkan dari hasil penjualan 170 Bakpau tersebut kepada Kapolres TTU. Sambil menyunggingkan senyum Akang Mus berharap sesering mungkin ada kegaitan pengamanan oleh anggota Polres TTU biar dagangan Bakpaunya cepat laku. Hal ini tentu menjadi bahan candaan yang kemudian membuat suasana kembali cair. Keakraban antara pimpinan dan bawahan terlihat di sore hari yang melelahkan dengan kedatangan Gerobak Bakpau Akang Mus.

Pukul 18.25 wita Tim Verifikasi menyatakan berkas Paket Tentram telah selesai diverifikasi dan dinyatakan lolos seleksi. Selanjutnya rombongan Paket Tentram meninggalkan Kantor KPUD dengan tertib, aman dan terkendali.

Paket selanjutnya yang melaksanakan pendaftaran adalah Paket Juang; mereka tiba di Kantor KPUD TTU pukul 19.00 wita. Seperti dua paket sebelumnya mereka diterima dan dilakukan verifikasi oleh Tim. Pukul 21.20 wita kegiatan verifikasi selesai dan dinyatakan lolos sebagai salah satu kontestan dalam pilkada serentak 2024.

Dengan demikian selesailah sudah tahap pendaftaran Cabup/cawabup pada pilkada serentak 2024 di Kabupaten TTU. Anggota Polres TTU selanjutnya melaksanakan Apel Konsolidasi dipimpin Bpk. Kapolres di depan Kantor KPUD TTU. Hari yang melelahkan dilalui bersama Kapolres TTU dan seluruh anggota, situasi yang aman dan damai telah dicapai dalam tahapan pendaftaran.