Pimpin Apel Kesiapan Pemilu Tahapan Kampanye, Wakapolres TTU : Jaga Netralitas Polri

Pimpin Apel Kesiapan Pemilu Tahapan Kampanye, Wakapolres TTU : Jaga Netralitas Polri

Tribratanewsttu.com - Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H memimpin kegiatan Apel Kesiapan pengamanan Pemilu menyongsong tahapan Kampanye, Senin (27/11/2023).

Apel yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 wita hingga pukul 09.00 wita tersebut dilaksanakan di lapangan Apel Mapolres TTU. Hadir saat itu para JPU Polres TTU dan sejumlah personil Polres TTU.

Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H., saat diwawancari Tribratanewsttu.com menjelaskan, apel tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personil dalam rangka pengamanan kampanye pemilu tahun 2023-2024 sekaligus pergeseran personil dan logistik.

"Kami tekankan kepada seluruh anggota personil Polres Timor Tengah Utara untuk menjaga netralitas dalam pelaksanaan pemilu maupun pemilukada dan legislatif di tahun 2023/2024 dengan mendasari undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara Republik Indonesia kemudian PP nomor 2 tahun 2003 tantang netralitas Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan tidak memungut atau tidak memilih atau tidak dipilih," ujarnya. 

Selanjutnya, lanjut Kompol Matheus, sesuai Perpol nomor 7 tahun 2022 tentang kode etik profesi Polri dan komisi kode etik profesi Polri. "Dengan mendasari undang-undang tersebut maupun perpol kita sebagai anggota Polisi dan keluarga tidak melibatkan diri dalam politik praktis. Tetap jaga netralitas Polres Timor Tengah Utara tetap semangat," tegasnya. 

Disinggung terkait jumlah personil Polres TTU yang akan mengamankan tahapan kampanye yang mana akan dimulai pada, Selasa 28 November 2023 maka Polres TTU menurunkan sebanyak 115 orang personil. Sedangkan untuk pelaksanaan pemilu dalam hal ini personil yang akan ditempatkan di lokasi TPS adalah seluruh personil.

"Kalaupun masih membutuhkan maka akan meminta petunjuk Bapa Kapolda Cq Bapak Karo Ops untuk dukungan personil dari Polda NTT," tutupnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.