Polisi Perketat Pemeriksaan Barang Terlarang di Pintu Batas RI-RDTL

Polisi Perketat Pemeriksaan Barang Terlarang di Pintu Batas RI-RDTL
Satuan Polres Timor Tengah Utara (TTU) terus memperketat arus masuk keluar barang dan manusia di pintu masuk perbatasan RI-RDTL. (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com- Satuan Polres Timor Tengah Utara (TTU) terus memperketat arus masuk keluar barang dan manusia di pintu masuk perbatasan RI-RDTL. Hal yang menjadi sasaran yakni barang terlarang atau ilegal yang bertentangan dengan hukum.

Kasi Humas Polres TTU Iptu I Ketut Suta, menjelaskan, situasi PLBN Wini pada Sabtu (25/6/2022) sampai dengan tutup Portal pukul 17:00 wita dalam keadaan aman dan Kondusif.

Anggota yang melaksanakan piket saat itu, kata Iptu I Ketut Suta, yakni Bripka Yakop Tenis dan Brigpol Marselinus Manek dari Pos Polisi Wini, Brigpol Herlinus Ratu dan Brigpol Abdul Muza dari anggota Lantas dan Bripka Kadek dan Briptu Lazarus dari BKO Brimob. 

Dalam kegiatan piket, jelas Iptu I Ketut Suta, yakni pemeriksaan Kendaraan Bermotor Roda 2, Roda 4, Roda 6 dan Roda 10 yang masuk ke dalam maupun keluar RI - RDTL untuk didatakan dan ditulis dalam Mutasi.

"Melakukan pemeriksaan dan pengecekan barang bawaan pelintas yang berjalan kaki dari dalam maupun luar RI-RDTL dan mendatakan Jumlah WNA atau WNI yang masuk keluar PLBN WINI," ujar Iptu I Ketut Suta. 

Ketut Suta menyebutkan, hasil pendataan saat itu, jumlah pelintas kendaraan WNI yang masuk sebanyak 6 unit roda 6, roda empat 29 unit dan 1 unit roda 6. Sementara itu, kendaraan WNA yang masuk ke Indonesia yakni 1 unit roda empat dan 1 unit roda empat yang keluar. Sementara itu, jumlah pelintas WNA yang masuk saat itu, terdiri dari 6 orang laki-laki dan 3 orang perempuan. Sementara yang keluar, 6 orang laki-laki. 

Selain itu, WNI yang masuk ke Timor Leste saat itu 15 orang laki-laki dan 19 orang perempuan. Yang keluar dari timor leste, 55 orang laki-laki dan 30 orang perempuan. Dalam pemeriksaan kendaraan tidak ditemukan muatan atau barang terlarang.

Dalam pemeriksaan barang bawaan pelintas tidak ditemukan barang ilegal atau yang bertentangan dengan hukum," ujarnya sembari mengatakan bahwa jumlah WNA/WNI yang masuk ke Indonesia melalui  PLBN Wini pada hari Sabtu 25 Mei 2022 terdiri dari 6 orang WNA dan 34 orang WNI. Semua dilengkapi kartu vaksin. 

Kegiatan pemeriksaan dilakukan dipintu masuk dan keluar RI/RDTL PLBN Wini dimulai dari pukul 07.00 wita sampai dengan pukul 18.00 wita dalam keadaan aman tertib dan lancar. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.