Polres TTU Berhasil Mediasi Tenaga Kerja Asal Jawa Barat yang Bekerja di PLBN Napan dengan Pihak Perusahaan

Polres TTU Berhasil Mediasi Tenaga Kerja Asal Jawa Barat yang Bekerja di PLBN Napan dengan Pihak Perusahaan

Tribratanewsttu.com - Satuan Polres Timor Tengah Utara berhasil melakukan mediasi antara para pekerja yang bekerja di PLBN Napan dengan perusahaan PT. Metro Konstruksi Jaya KSO di Mapolres TTU, Rabu (27/9/2023).

Kasi Humas Polres TTU, AKP I Ketut Suta menjelaskan, mediasi yang dikoordinir oleh Unit II Tipiter tersebut dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres TTU Iptu Djoni Boro, S.H. Mulanya mereka menjemput 12 orang tenaga kerja asal Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat di Polsek Miomaffo Timur dan dibawa ke Polres TTU untuk diambil keterangannya terkait dugaan penelantaran tenaga kerja yang dilakukan oleh mandor IMAM dari perusahaan PT. Metro Konstruksi Jaya KSO. 

Hasil yang diperoleh, telah dilakukan pemeriksaan terhadap 12 orang tenaga kerja tersebut dan diketahui bahwa ke 12 orang tenaga kerja direkrut dan dipekerjakan secara langsung oleh Mandor IMAM sejak tanggal 04 September 2023 sampai dengan tanggal 17 September 2023, untuk pengerjaan fondasi dan cor slof pada bangunan rest area PLBN Napan. Tidak memiliki kontrak atau  perjanjian kerja secara tertulis antara Mandor dengan tenaga kerja tersebut.

Sesuai dengan keterangan pihak Perusahaan bahwa PT. Metro Konstruksi Jaya KSO memiliki kontrak kerja dengan Mandor sehingga segala urusan tentang tenaga kerja di lapangan langsung berhubungan dengan Mandor. 

Tindak Lanjut hasil mediasi, telah dipertemukan antara para tenaga kerja dengan pihak perusahaan dan kedua pihak membuat kesepakatan baru sehingga para tenaga kerja kembali bekerja dibawah naungan perusahaan secara langsung tanpa melalui Mandor IMAM. 

Kesepakatan tersebut dituangkan dalam Surat Pernyataan yang dibuat oleh kedua pihak dan para tenaga kerja telah dijemput oleh pihak perusahaan untuk kembali bekerja. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.