Sukseskan Pilkada TTU 2020, Pemkab Hibah Rp 4,35 Miliar untuk TNI-Polri

Sukseskan Pilkada TTU 2020, Pemkab Hibah Rp 4,35 Miliar untuk TNI-Polri

Tribratanewsttu.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) memberi dukungan kepada jajaran TNI/Polri di wilayah itu untuk bekerja menyukseskan berbagai tahapan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun ini.

Dukungan Pemkab TTU itu berupa hibah daerah untuk proses pengamanan Pilkada bagi Kodim 1618/TTU dan Polres TTU. Dana tersebut diperutukan bagi operasional prajurit TNI dan anggota Polisi dalam menjaga, mengawasi serta mengamankan seluruh tahapan Pilkada TTU tahun ini.

Total hibah yang diberikan Pemkab untuk dua institusi keamanan tersebut senilai Rp 4,350 miliar. Rinciannya untuk Polres TTU senilai Rp 4 miliar, sedangkan untuk Kodim 1618/TTU senilai Rp 350 juta.

Penyerahan hibah itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi, dan Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Dias Quintas,S.I.K. Proses penandatanganan NPHD itu berlangsung di aula rumah jabatan Bupati TTU, Senin (10/2) pagi.

Hadir dalam kegiatan penandatanganan NPHD itu, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten TTU, Bonefasius Ola Kian, Kabag Humas Setda TTU, Richard Erwin Taolin, dan pejabat Pemkab TTU lainnya.

Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandes dalam sambutanya menuturkan proses penandatanganan NPHD yang dilakukan tersebut merupakan wujud dukungan penuh Pemkab TTU terhadap seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada di TTU tahun 2020.

Dalam NPHD tersebut, katanya, diatur mengenai mekanisme pengelolaan keuangan yang digunakan untuk membiayai pengawasan dan pengamanan setiap tahapan Pilkada serentak tahun 2020. Oleh karena itu, Bupati meminta supaya TNI-Polri dapat mengelola anggaran tersebut dengan baik.

“Pemerintah daerah senantiasa mendukung penyelenggara Pemilu, baik itu di pihak penyelenggara maupun pihak keamanan dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada TTU 2020 mendatang,” tutur Raymundus.

Bupati dua periode itu menambahkan, akhir dari pada pengelolaan anggaran ini adalah pertanggungjawaban. Anggaran yang telah dihibakan oleh pemerintah daerah itu harus digunakan sebaik mungkin sesuai dengan manfaatnya.

“Saya berharap, anggaran yang telah dihibakan itu juga dapat dikelola dengan baik dan benar sesuai program kerja yang telah ditetapkan sehingga nantinya dapat mempertanggungjawabkan anggaran ini dengan baik dan benar, terutama bagaimana agar pelaksanaan Pilkada 2020 ini harus sukses,” tandasnya.

Terpisah, Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Roni Junaidi mengatakan, pihaknya berterima kasih kepada Pemkab yang telah memberikan dukungan moril berupa dana hibah untuk membiayai operasional prajurit TNI dalam menjaga, sengawasi serta mengamankan tahapan pelaksanaan Pilkada TTU 2020 ini.

Kodim 1618/TTU, lanjut Dandim, akan memanfaatkan anggaran yang telah dihibahkan oleh pemerintah daerah sehingga tujuan menyukseskan pelaksanaan Pilkada TTU setempat dapat tercapai sesuai harapan.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah daerah yang telah mendukung kami dengan memberikan penyertaan modal untuk memperlancar operasional dari Prajurit TNI dalam mengawasi proses tahapan Pilkada TTU 2020,” tutur Roni

Kapolres TTU juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan dana kepada kepolisian untuk menjaga dan mengawasi pelaksanaan tahapan Pilkada 2020.

Menurut AKBP Nelson, pihaknya akan menugaskan setiap anggota di TPS juga membantu dan memantau proses pemungutan suara. Untuk beberapa daerah rawan konflik politik, lanjut Nelson, pihaknya akan menugaskan dua sampai tiga anggota polisi untuk menjaga keamanan.

“Sesuai protap kita akan siagakan anggota di setiap TPS. Kalau daerah rawan akan disiagakan dua sampai tiga anggota. Karena itu, kita sangat terbantu dengan adanya penyertaan dana dari Pemerintah untuk melancarkan operasional di lapangan,” jelasnya.