133 Orang Anggota Polres TTU Jalani Tes Kesehatan

133 Orang Anggota Polres TTU Jalani Tes Kesehatan
Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, S.Ik saat menjalani pemeriksaan kesehatan di Aula Bhayangkari Polres TTU, Rabu (28/4)

Tribratanewsttu.com – Sebanyak 133 personil Polres TTU menjalani pemeriksaan kesehatan di Mapolres TTU, Rabu (28/4). Sasaran pemeriksaan tersebut yakni bagi setiap anggota Polri dan PNS Polri yang wajib diperiksa kesehatannya. 

Kegiatan yang dimulai pukul 08.30 di Aula Bhayangkari Polres TTU itu dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Polda NTT di bawah koordinator Ipda Agustinus Nggau Behar dan anggota sebagai penata Yohana A. Nale dan Suvyati M. Nale. Sementar petugas dari Laboratorium Klinik Assa Kupang terdiri dari 12 orang anggota yang di pimpin oleh Nadya Amd. Ak.

Pemeriksaan yang selesai pukul 15.00 Wita itu dipantau oleh Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, S.Ik. Proses rikes melewati beberapa tahap, seperti, Pendaftaran, Ondotogram, Rikkes Leb, Rikkes fisik, pemeriksaan Elektrokardiogram (EKG) atau pemeriksaan untuk mengukur dan merekam aktivitas listrik jantung serta Rontgen.

Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas S.Ik, menjelaskan, pemeriksaan kesehatan tersebut sudah dilakukan setiap enam bulan. Diprioritaskan untuk anggota yang ingin mengikututi tes Pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dan  Seleksi Alih Golongan (SAG).

Sementara itu, Koordinator tim Bidang Kesehatan Polda NTT, Ipda Agustinus Nggau Behar di sela-sela kegiatan menjelaskan, Pemeriksaan yang dilakukan yakni pemeriksaan tensi darah, pemeriksaan darah, pemeriksaan mata, pemeriksaan jantung. Khusus untuk pemeriksaan darah ada beberapa tahap sesuai dengan hasil lab. Dari hasil lab yang ada, bisa digunakan sebagai persyaratan bagi yang ingin mengikuti pendidikan kepolisian.

Lebih lanjut Ipda Agustinus Nggau Behar mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan dari Polri yang ditujukan kepada semua anggota Polri khususnya Polda NTT yang mencakupi seluruh daerah di wilayah hukum Provinsi NTT termaksud penambahan Polres baru dengan tujuan untuk mengecek kesehatan secara berkala dari setiap anggota Polri.

Jumlah anggota yang diperiksa, kata Ipda Agustinus Nggau Behar, khusus untuk setiap Polres, target anggota yang diperiksa sebanyak 106 orang anggota. Namun diperbolehkan jika ada sedikit kelebihan bagi yang ingin diperiksa lantaran ada kelebihan fasilitas penunjang. Untuk ketersediaan tenaga medis, lanjut dia, sebanyak Sembilan orang anggota Medis yang sudah mengantongi sertivikasi dalam bidang kesehatan yang bertugas sesuai fungsi dan tanggungjawab masing-masing dalam proses pemeriksaan tersebut.