Buka Pelatihan Pra Ops Kepolisian Kewilayahan Pekat Turangga 2023, Wakapolres TTU Minta Tingkatkan Profesionalisme

Buka Pelatihan Pra Ops Kepolisian Kewilayahan Pekat Turangga 2023, Wakapolres TTU Minta Tingkatkan Profesionalisme

Tribratanewsttu.com - Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H.,M.H membuka kegiatan Pelatihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan Pekat Turangga 2023, Selasa (19/9/2023). 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 08.15 wita tersebut bertempat di Aula Bhayangkari Polres TTU di Jln. Prof. W. Z. Yohanes, Kelurahan Kefamenanu Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU.

Giat Pelatihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan "Pekat Turangga-2023", melalui Pelatihan Pra Operasi Pekat Turangga - 2023" dilakukan dalam rangka Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) dan Cipta Kondisi menjelang tahapan pemilu serentak tahun 2024 dan Kelancaran Pelaksanaan Operasi Mantap Brata Turangga 2023-2024. 

Hadir dalam giat yang dilaksanakan hingga pukul 09.15 wita, yakni Wakapolres TTU Kompol Martinus Anus, S.H., M.H, Kasubagdal Ops Polres TTU, Kasipropam Polres TTU, KBO Reskrim Polres TTU,  KBO Samapta Polres TTU, KBO Intel Polres TTU, Perwira Peserta Lat Pra Ops, Anggota Peserta Lat Pra Ops.

Rangkaian kegiatan diawali inspektur upacara tiba di tempat, pasukan disiapkan, menyanyikan lagu Hymne Polri, laporan Perwira yang ditunjuk, pembacaan laporan singkat pelaksanaan Latpraops Pekat Turangga-2023 oleh Kasubagdalops dan pernyataan Pembukaan pelatihan oleh Inspektur upacara dilanjutkan penyematan tanda peserta Latpraops, menghadap inspektur upacara dan laporan.

Dalam amanat upacara, Wakapolres TTU Kompol Matheus Anus, S.H., M.H menjelaskan, bahwa pelaksanaan operasi kepolisian pekat turangga- 2023 bertujuan untuk Harkamtibmas dan cipta kondisi menjelang pelaksanaan tahapan pemilu tahun 2024 dan kelancaran pelaksanaan operasi mantap brata turangga 2023-2024 di wilayah hukum polres timor tengah utara

Sebelum pelaksanaan operasi, maka didahului oleh suatu sistem pelatihan yang memadai kepada personil yang akan dilibatkan dalam operasi. Di mana, pelatihan dalam rangka menyamakan persepsi dan cara bertindak anggota di lapangan.

Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan personil baik secara materi maupun praktik sehingga dapat menjadi modal berharga dalam pelaksanaan operasi pekat turangga-2023. 

"Materi yang disampaikan oleh instruktur harus benar-benar di implementasi dalam bertugas, mengingat pelaksanaan latihan pra operasi ini hanya 1 (satu) hari, saudara akan di bekali tentang teknis dan taktis di lapangan, kepada para instruktur saya menyampaikan agar benar-benar memberikan materi kepada peserta pelatihan dengan baik," tegas Wakapolres TTU. 

"Dan pada kesempatan yang baik ini, saya menekankan pada saudara-saudara peserta pelatihan perlu memperhatikan diantaranya cara bertindak di lapangan, yaitu, melaksanakan deteksi dini meliputi lidik, pamgal dengan langkah deteksi, identifikasi dan penilaian guna peroleh baket terkait faktor yang dapat pengaruhi gangguan kamtibmas dan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024," tambah Wakapolres TTU.

Selanjutnya, melaksanakan kegiatan pencegahan meliputi turjawali di lokasi yang jadi pusat kegiatan masyarakat dan mencegah timbulnya kelompok- kelompok tertentu yang akan menimbulkan gangguan di masyarakat jelang pemilu serentak tahun 2024 serta melaksanakan kegiatan penerangan dan binluh kepada masyarakat agar patuhi / ikuti himbauan utk mencegah kerumunan, macet, pelanggaran dan kecelakaan serta gangguan kamtibmas

"Melaksanakan koordinasi dengan para toga, tomas dan para toda agar dapat membantu polri dalam mengamankan pemilu serentak tahun 2024; Melaksanakan bantuan medis dan kesehatan serta evakuasi korban kecelakaan selama operasi," tambah Wakapolres TTU.

Dikatakan Wakapolres TTU, bahwa dari apa yang disampaikan dapat dijadikan sebagai bekal di lapangan, tingkatkan profesionalitas menyikapi setiap tindakan di lapangan, tidak arogan tetapi tetap bersikap sopan dalam menghadapi sekecil apapun gangguan kamtibmas yang terjadi serta secara serius menangani kasus kasus yang ditemui di lapangan. 

"Operasi ini lebih dikedepankan preemtif dan preventif yang didukung gakkum dan lidik. tingkatkan kepekaan terhadap situasi di lapangan guna mengantisipasi adanya oknum oknum tertentu yang - kemungkinan merasa tidak puas sehingga akan melakukan penyerangan ataupun hal lainnya yang dapat membahayakan petugas," tutup Wakapolres TTU. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.