Gerakan Balas Cinta Untuk Alam ala TNI-Polri di Bukit Bijaelsunan, Perbatasan RI - RDTL

Gerakan Balas Cinta Untuk Alam ala TNI-Polri di Bukit Bijaelsunan, Perbatasan RI - RDTL

Tribratanewsttu.com - Personil Polsek Miomaffo Barat, Polres TTU bersama Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI - RDTL Sektor Barat Yonkav 10/ Mendagiri Makasar  melaksanakan kegiatan Green Camp bertajuk Balas Cinta untuk Alam di bukit Bijaelesunan, Desa Manusasi, Kecamatan Miomaffo Barat, Kabupaten TTU. 

Kegiatan berlangsung selama dua hari terhitung mulai Jumat 25 November hingga Sabtu 26 November 2022. Turut terlibat dalam kegiatan tersebut, yakni Karang Taruna Desa Salu, Komunitas Green House TTU dan Mahasiswa FISIP Unimor.

Adapula beberapa acara yang dilakukan antara lain, camping di pelataran Bijaelesunan, ramah tamah antar beberapa stakeholder yang turut ambil bagian hingga puncak acara dengan penanaman anakan Pohon. Beberapa jenis pohon yang ditanam seperti Trembesi, Jambu air, Jambu Kristal, Beringin, Mahoni, sengon laut, pinang, dan lamtoro teramba. 

Kasi Humas Polres TTU, Iptu I Ketut Suta menjelaskan, gerakan tersebut merupakan responsif dari berbagai seruan "back to nature". Salah satu contoh seperti dari Yang Mulia Paus, "Laudato Si" mengajak seluruh umat di dunia untuk kembali merawat dan peduli terhadap lingkungan. 

Tidak terlepas dari hal itu, misi lain yang dilakukan oleh TNI-Polri dalam menjaring dan menjalin kerjasama dengan kelompok pemuda yakni menciptakan atau menghadirkan ruang kolaborasi positif yang sifatnya membangun, membangun rasa kepedulian baik kepada sesama dan alam sehingga terhindar dari hal-hal Negatif yang menjurus pada aksi Kriminalitas.

Untuk diketahui, para peserta dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama menanam ulang tanaman yang pernah ditanam dalam acara tanam pohon bersama Uskup Atambua dan Bupati TTU, sedangkan kelompok lainnya menaman sembari memperbaiki pagar pada tanaman. 

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani