Hadir Memberi Solusi, Bhabinkamtibmas Oetalus Selesaikan Masalah Ternak Warga Masuk Kebun

Hadir Memberi Solusi, Bhabinkamtibmas Oetalus Selesaikan Masalah Ternak Warga Masuk Kebun
Briptu Rian Welsyah saat pose bersama pihak yang bermasalah usai berdamai di Aula Kantor Desa Oetalus, Bikomi Selatan, TTU, Senin (24/10/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com - Salah satu tugas pokok Bhabinkamtibmas untuk melakukan negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa binaan, berhasil diimplementasikan oleh Bhabinkamtibmas Desa Oetalus, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU, Briptu Rian Welsyah. 

Bagaimana tidak, anggota yang akrab disapa Briptu Rian ini berhasil memberi solusi di tangah masyarakat dengan cara memediasi hingga mendamaikan pihak yang terlibat dalam masalah ternak sapi masuk ke kebun pertanian, Senin (24/10/2022).

Negosiasi yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 wita tersebut bertempat di Aula Kantor Desa Oetalus, Kecamatan Bikomi Selatan, Kabupaten TTU. Jenis kegiatan yang dilakukan, yakni penyelesaian masalah ternak sapi milik Ema Toan yang merusak kebun milik Kelompok Tani (Poktan) Desa Oetalus.

Hadir saat itu, Kepala Desa Oetalus Maidin Kosepa, Bhabinkamtibmas Desa Oetalus Briptu Rian Welsyah, Babinsa Desa Oetalus, pemilik ternak, kelompok tani desa Oetalus serta warga Desa Oetalus.

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, Briptu Rian berkoordinasi dengan stekholder terkait. Selain itu, anggota Humas Polres TTU ini mengimbau kepada kedua belah pihak agar menyelesaikan masalah tersebut dengan kepala dingin dan tetap menjaga kamtibmas tetap aman dan tertib.

Demi mencegah terjadi masalah serupa di kemudian hari, Briptu Rian, menghimbau agar setiap pemilik ternak untuk mengkandangkan ternaknya. Hasil yang dicapai, kedua belah pihak sepakat menyelesaikan masalah tersebut secara damai dan secara kekeluargaan.

"Kedua belah pihak sepakat untuk menandatangani berita acara atau surat pernyataan. Apabila di kemudian hari terjadi kembali, kedua belah pihak bersedia menerima sanksi yang sudah di sepakati bersama," tegas Briptu Rian. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani