Hadiri Rakor Lintas Sektoral, Kapolsek Biboki Utara Tegaskan Dukung Proses Perekaman E-KTP Jelang Pemilu

Hadiri Rakor Lintas Sektoral, Kapolsek Biboki Utara Tegaskan Dukung Proses Perekaman E-KTP Jelang Pemilu

Tribratanewsttu.com - Kapolsek Biboki Utara, Iptu Marcal Ribeiro, menghadiri kegiatan rapat koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral tingkat Kecamatan, Rabu (17/1/2024). Rakor dilaksanakan untuk membahas terkait proses perekaman E-KTP menjelang proses pemilihan umum (Pemilu). 

Rakor lintas sektoral yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 wita tersebut dihadiri Camat Biboki Utara, Primus Hun, Kapolsek Biboki Utara, Iptu Marcal Ribeiro, Danramil 1618-05 Biut yang diwakili, para Kepala Desa se-Kecamatan Biboki Utara, Kepala puskesmas Lurasik dan Babinsa Desa Boronubaen.

Kapolsek Biboki Utara, Iptu Marcal Ribeiro saat memberikan sambutan, menjelaskan, terkait KTP Elektronik diharapkan segera mungkin melakukan perekaman. Karena, pada tanggal 14 Februari 2024 merupakan hari Pemilihan Umum. "Pemilu atau Pilnas sudah di depan mata. Untuk itu mari kita sama - sama mendukung kegiatan tersebut sehingga berjalan aman dan lancar," tegasnya. 

"Untuk kita semua yang merasa memiliki lahan baik lahan sawah maupun ladang tolong dibuatkan pagar dan bagi yang memilik ternak harus diikat jangan dilepas itu akan menjadi pemicu suatu masalah dan berakhir pada hukum jadi saya pesan kepada para kepala desa agar membuat suatu aturan yang mengikat kepada masyarakat," ujarnya. 

Sementara itu, Camat Biboki Utara, Primus Hun, saat memberikan sambutan menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan ada perekaman e - KTP sehingga diperintahkan kepada semua kepala desa untuk mendaftarkan atau mengimbau masyarakat yang belum memiliki KTP elektronik sebagaimana warga negara indonesia, untuk bisa memberikan hak suara dalam proses pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang yang tinggal menghitung minggu.

"Mari kita saling berkomunikasi baik dari tingkat RT sampai tingkat Kecamatan serta TNI-POLRI untuk membantu memperlancarkan perekaman KTP Elektronik tersebut," ujarnya. 

Sebagai Camat, Primus Hun juga berpesan kepada Kepala desa dilarang melakukan kegiatan politik praktis untuk mendukung salah satu calon dari partai manapun. "Tolong hindari itu baik perangkat desa maupun tingkat RT dan Dusun," tegasnya. 

"Mengingat musim hujan dan kita di kecamatan Biboki Utara yang sebagian mata pencaharian kita petani jadi diharapkan persiapkan lahan. Dan, untuk yang memiliki ternak mohon jangan dilepas karena akan menciptakan situasi yang menuju ke ranah hukum. Untuk itu, para kepala desa membuat PERDES sehingga masyarakat bisa mengindahkan dan patut mengerti bersama," ujarnya. Kegiatan rapat koordinasi berakhir pada pukul 12.10 Wita situasi berjalan aman dan lancar.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat