Kapolres TTU Beri Kultum Sebelum Sholat Tarawih di Masjid Agung Nurul Falah

Kapolres TTU Beri Kultum Sebelum Sholat Tarawih di Masjid Agung Nurul Falah
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., saat memberikan Kultum di Masjid Agung Nurul Falah, Kefamenanu, Kabupaten TTU, Kamis (23/3/2023). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., memberikan kuliah tujuh menit (Kultum) sebelum pelaksanaan sholat tarawih di Masjid Agung Nurul Falah, Kefamenanu, Kabupaten TTU, Kamis (23/3/2023).

Kultum yang dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat Isa, tersebut dimulai sekira pukul 19.30 wita. Hadir saat itu, para Imam serta sejumlah jamaah Masjid Agung Nurul Falah.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson sebelum menyampaikan nasihat, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444/H bagi jamaat yang hadir. "Semoga Allah memberikan kemudahan dan kesehatan supaya kita bisa melaksanakan rangkaian ibadah di bulan suci Ramadhan," tuturnya. 

Lebih lanjut Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson menjelaskan, bahwa ada beberapa program Presiden RI, Joko Widodo. Kita diuntungkan oleh demografi yang luar biasa dan jumlah penduduk yang sangat banyak disertai sumber daya alam yang memadai. 

"Di era ketidakpastian ini kita fokuskan kepada penurunan angka inflasi. Anggota Polres TTU selalu mengecek perihal sembilan bahan pokok (Sembako) karena beberapa minggu lalu ada kenaikan harga beras. Namun setelah kami komunikasikan dengan bulog ternyata ada keterlambatan akibat cuaca ekstrem sehingga kapal tidak berani berlayar. Insyaallah dalam mingu ini nanti lancar dalam proses pendistribusian," ujarnya. 

Dikatakan Kapolres TTU, NTT menduduki peringkat pertama angka stuntung tertinggi se-Indonesia. Melihat kondisi itu, Polres TTU melakukan Bhakti Sosial (Baksos) di beberapa tempat dengan  mengajak pihak yang memiliki rezeki lebih untuk bisa berbagi. "Sebaik-baiknya manusia memiliki manfaat bagi oran lain. Kabupaten TTU menduduki posisi ke dua se NTT untuk masalah stunting setelah Sumba Barat Daya. Saya perintahkan para kapolsek untuk menjadi orang tua asuh," tegasnya. 

"Kita harus peduli terhadap generasi kita karena penjelasan dari Mentri Kesehatan bahwa angka stunting dipengaruhi awal dari istri mengalami kehamilan. Harus perhatikan soal gizi," tambahnya. 

Dikatakan Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat polri tidak bisa kerja sendiri. Untuk itu, harus menjalin kerjasama dengan TNI terlebih kepada masyarakat khususnya kaum muslimin. 

"Tanggal 17 mei akan dilaksanakan Pilkades. Mari kita ciptakan Sitkamtibmas yang kondusif yang dimulai dari keluarga, dari RT, RW dan Desa. Harus rukun dan saling menghormati. Jangan sampai ada perbedaan nanti terjadi permasalahan," tegasnya. 

"Situasi di Kefamenanu sangat relatif kondusif. Data dari gangguan Kamtibmas pada tahun 2022 pernah mengalami peningkatan krna ada covid dengan pencurian kecil-kecilan, angka KDRT juga tinggi. Menduduki posisi pertama di seluruh kabupaten di NTT krna Miras. Angka kecelakaan kita termaksud tinggi karena Miras. Kami berupaya untuk mencari solusi dengan pengusaha di Kupang yg miliki usaha Sophia. Arah saya ke gula merah," tutupnya. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik kepada Masyarakat