Kapolsek Biboki Utara Iptu Marchal Ribeiro Diganti oleh Ipda Rudy Soik

Kapolsek Biboki Utara Iptu Marchal Ribeiro Diganti oleh Ipda Rudy Soik
Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H. saat melakukan penyematan tanda jabatan pada upacara Sertijab sekaligus pengambilan sumpah jabatan serta penandatanganan pakta integritas yang dilaksanakan, Jumat (20/5/2022). (Foto : AEP)

Tribratanewsttu.com- Kapolsek Biboki Utara yang dijabat oleh Iptu Marchal Ribeiro, S.H resmi diganti oleh Ipda Rudi Soik, S.H. Pergantian ini ditandai dengan upacara serah terima jabatan (Sertijab) sekaligus pengambilan sumpah jabatan serta penandatanganan pakta integritas yang dilaksanakan, Jumat (20/5/2022).

Bertempat di lapangan upacara Mapolres TTU, upacara yang dimulai pukul 08.00 wita itu dipimpin langsung oleh Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H. Dihadiri oleh penjabat utama (PJU), seluruh Personil Polres TTU dan para ibu-ibu Bhayangkari.

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.I.K., M.H., dalam arahannya, menjelaskan, mutasi adalah hal yang biasa dan merupakan reward bagi pejabat yang lama dan yang baru. "Ini adalah bagian daripada dinamika manajemen sumber daya manusia bahwa kita harus bergerak maju seiring dengan perkembangan organisasi kita yang bersifat dinamis," tegasnya. 

Lebih lanjut mantan Kasubdit IV Reknata Ditreskrimun Polda NTT ini menjelaskan, mutasi tersebut juga merupakan sejarah riwayat jabatan. Dalam prosesnya, kata Kapolres Mukhson, tentu mengalami peningkatan karakteristik di mana yang semula dalam pembinaan mungkin akan masuk dalam bidang operasionalnya juga. 

"Saya harapkan dalam proses ini catatlah sejarah anda dengan baik. Seperti yang disampaikan oleh Bapak Kapolda (NTT) bahwa jabatan itu adalah amanah dan amanah itu adalah titipan," ujarnya.

Kapolres Mukhson berharap kepada pejabat yang baru agar dapat bekerja keras, cepat dan ikhlas. "Profesi Polri adalah profesi pengabdian. Kita dituntut oleh masyarakat untuk bersikap profesional, proporsional dan akuntabel dalam penegakan hukum. Mewujudkan visi dan misi Polri," ungkapnya. 

Dalam prinsip organisasi, lanjut Kapolres Mukhson, mengemban tugas dan tanggungjawab jabatan bahwa kewenangan bisa didelegasikan kepada pejabat di bawahnya tetapi tanggungjawab tidak bisa didelegasikan. "Pelimpahan kewenangan dari pimpinan polri yaitu Kapolri dan secara berjenjang kepada bawahannya. 

"Kapolsek adalah garda terdepan. Ujung tombak dalam pelayanan kepada masyarakat. Setiap daerah mengalami perubahan dan perbedaan dalam Harkamtibmas. Untuk itu, para Kapolsek harus menyesuaikan," ujarnya. 

Dalam pelaksanaan kegiatan, tegas Kapolres Mukhson, harus mempedomani bagaimana berkolaborasi, berkomunikasi dan berkoodinasi dengan semua pihak agar tercipta Harkamtibmas yang kondusif. "Kepada Ibu Bhayangkari yang lama dan baru saya juga ucapkan terima kasih. Segera menyesuaikan dengan organisasi. Ikuti apa perintah pimpinan. 

Loyalitas, Dedikasi dan Integritas termasuk Disiplin, kata Kapolres Mukhson, sangat dibutuhkan di tubuh Polri dalam melaksanakan tugas. "TTU itu sangat indah. Namun kita mesti menciptakan kebahagiaan dan keindahan itu dari diri kita sendiri. Bekerjalah dengan hati. Kita adalah bagian dari masyarakat dan akan kembali kepada masyarakat. Berbuat baik maka akan menuai kebaikan," tutupnya. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani