Wakapolres TTU : Sudah Menjadi Tanggungjawab Polisi Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Wakapolres TTU : Sudah Menjadi Tanggungjawab Polisi Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat

Tribratanewsttu.com - Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H., memimpin langsung kegiatan jumat curhat tingkat Polres TTU di Desa Keun, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU, Jumat (12/5/2023). 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 11.15 wita tersebut dihadiri Wakapolres TTU, Kompol Matheus Anus, S.H., M.H., Kasat Binmas Polres TTU, Kasi Humas Polres TTU, Ps. Kasubag Vaskon Polres TTU, Kapolsek Insana, Kepala Desa Keun diwakili, Ketua BPD Desa Keun dan Masyarakat Desa Keun sekitar 50 orang.

Kegiatan dibuka oleh Kapolsek Insana, dilanjutkan sambutan Waka Polres TTU yang diawali perkenalan diri Wakapolres TTU dan rombongan. 

"Bapak ibu kalau ada keluhan ataupun unek-unek tentang tugas Polisi silahkan sampaikan dan akan kami jawab sesuai dengan tugas dan fungsi kami," tegas Wakapolres TTU.

Dalam sesi curhat, salah satu masyarakat yang hadir, Pedro Pinto, menyampaikan terkait masalah surat-surat motor  miliknya yang hilang dan terkait pembuatan SIM. 

Kasat Binmas Polres TTU, menanggapi untuk mempersilahkan datang ke Polres TTU atau Polsek setempat untuk membuat surat keterangan kehilangan, selanjutnya ke kantor Samsat untuk di buatkan STNK baru. "Untuk pengurusan SIM tentunya kita harus mahir mengendarai kendaraan dan melengkapi persyaratan yang ada," pungkasnya. 

Wakapolres TTU, menambahkan, bahwa pengurusan surat keterangan kehilangan tidak dipungut biaya. Untuk pengurusan SIM silahkan lengkapi persyaratan yang ada dan tidak akan di persulit. 

Selanjutnya, penyampaian Simon Auskase terkait pembangunan Kapela yang mengalami kekurangan bahan di teras depan Kapela. 

Kasi Humas Polres TTU, mengatakan, bahwa pada saat kegiatan Binrohtal anggota Polres beragama Katolik akan di sampaikan untuk bisa membantu. 

Tambahan Ps. Kasubag Vaskon Polres TTU, bahwa kami tidak berjanji namun kami akan berupaya melalui teman-teman kami yang beragama Katolik untuk bisa membantu selain itu juga akan kami sampaikan hal ini kepada pimpinan. 

"Hati nurani kami akan tersentuh untuk membantu bapak mama namun kami tetap laporkan dulu kepada Bapak Kapolres," tambah Wakapolres TTU.

Warga lain yang hadir, Alvina Dacosta, menambahkan, kendaraan miliknya plat luar dan terkendala dengan balik nama dan pembayaran pajak karena STNK sudah mati. 

"Bapak harus mencabut surat -surat dari tempat asal motor dengan harus membayar pajak dulu baru bisa di proses balik nama, setelah membayar pajak barulah berkas di cabut dari tempat asal dan di bawa ke Samsat Polres TTU. Satu hal lagi jika terjadi kecelakaan lalu lintas kita tidak bisa mengklaim asuransi karena surat-surat mati," kata Kasi Humas Polres TTU.

Penyampaian lain disampaikan oleh Tomas Ximenes yang mengharapkan agar Bhabinkamtibmas memberikan penyuluhan kepada kami untuk masalah KDRT. 

"Sudah menjadi tanggungjawab dan tugas Bhabin untuk memberikan penyuluhan tentang masalah KDRT, untuk bapak mama dan anak jangan saling melakukan kekerasan karena baik bapak mama maupun anak bisa melapor," tanggap Wakapolres TTU.

Kasat Binmas Polres TTU, menambahkan terkait sedikit gambaran bahwa Bhabinkamtibmas Polres TTU secara keseluruhan berjumlah 59 orang membawahi 24 kecamatan, sehingga masih sangat kekurangan personil Bhabinkamtibmas tapi akan kami maksimalkan untuk dapat menjawab harapan masyarakat. 

Penyampaian Lina Akoit terkait bagaimana cara meminta Bhabinkamtibmas untuk mengawal kegiatan yang melibatkan banyak orang pada saat perarakan di jalan? 

"Ada kegiatan masyarakat yang melibatkan banyak orang silahkan langsung di sampaikan kepada Bhabinkamtibmas dan akan di kawal," kata Kapolsek Insana. 

"Sudah menjadi tanggungjawab kami untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat, kalau ada Bhabin yang tidak aktif di desa silahkan laporkan dan akan kami ganti," tutup Wakapolres TTU. Pukul 12.30 wita kegiatan telah selesai  berjalan dengan aman dan lancar. 

Polres TTU Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat