Kunjungi Polsek Miomaffo Timur Polres TTU, Kapolda NTT : Prestasi Harus Dipertahankan

Kunjungi Polsek Miomaffo Timur Polres TTU, Kapolda NTT : Prestasi Harus Dipertahankan
Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.IK., M.Hum saat mengunjungi Polsek Miomaffo Timur, Polres TTU, Kamis (20/7/2023). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.IK., M.Hum mengunjungi Polsek Miomaffo Timur, Polres TTU, Kamis (20/7/2023). 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 16.54 wita tersebut dihadiri Irwasda Polda NTT, Kombespol I Made Sunarta, MH, Dirresnarkoba Polda NTT, Kombespol Sigit Haryadi, S.Ik, Auditor III Itwasda Polda NTT Kombespol Taufik Irpan Awalludin, SH, MH dan Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H. 

Turut hadir Sespripim Polda NTT Kompol Jeri Samzon Puling, A.Md.,S.H., Waka Polres TTU, para Perwira Polres TTU, Kapolsek Miomaffo Timur,  Anggota Polres, Polsek dan Pospol, Para Camat Tokoh adat, tokoh Pemuda dan masyarakat setempat. 

"Perlu diketahui Polsek Miomaffo Timur ini baru saja mencetak prestasi yang sangat luar biasa yaitu mendapat penghargaan dari Kompolnas, dengan kategori sebagai Polsek terbaik Se-Indonesia, dan mendapat penghargaan Kompolnas Awards," ucap Kapolda NTT. 

Menurut Kapolda NTT, prestasi yang diraih Polsek Miomaffo Timur sangat membanggakan. "Ini sangat membanggakan sebagai Miomafo Timur, TTU dan NTT. Ini berkat kerja keras dari Kapolsek dan bimbingan kapolres serta partisipasi dari masyarakat, karena dinilai dari keamanan dan ketertiban di wilayah ini," pungkasnya. 

"Ini sangat luar biasa saya berharap agar tetap menjaga tanggung jawab sebagai anggota Polri karena prestasi harus dipertahankan," tambahnya. 

Lulusan Akpol 1989 ini mengakui bahwa Polsek Miomaffo Timur yang membawahi 6 Kecamatan tidak mudah dengan anggota yang sangat terbatas. Pasalnya, harus memelihara keamanan dan ketertiban. Karena itu, partisipasi dari masyarakat sangat penting agar semuanya dapat berjalan dengan lancar 

"Untuk anggota Polsek Miomaffo Timur saya ucapkan terima kasih atas kerja keras sehingga mendapat juara dari Kompolnas sebagai Polsek terbaik se-Indonesia. Nanti saya akan coba untuk diusulkan supaya ditambah lagi 1 Polsek. Karena 1 Polsek membawahi 6 Kecamatan itu sangat berat ditambah lagi dengan keterbatasan anggota dan sarana prasarana yang kurang memadai," jelasnya. 

Dalam sesi tanya jawab, Camat Miomaffo Timur yang hadir saat itu menjelaskan bahwa Polsek Miomaffo Timur 6 Kecamatan, di tambah ada 3 Polsubsektor. Oleh karena itu, dia meminta bantuan agar mendefenitfkan Poslubsektor menjadi Polsek. 

"Karena yang selama ini menjadi kendala adalah wilayah yang luas serta Polsek yang jauh membuat masyarakat sulit untuk menjangkau," pintanya. 

Selanjutnya, oleh Camat Bikomi Selatan mengaku bahwa wilayahnya berbatasan dengan 2 Kabupaten yaitu TTS dan Malaka. "Di wilayah Kecamatan kami terdapat salah 1 Pospol yaitu Pospol Maurisu yang jika dilihat sangat tidak layak untuk ditempati oleh anggota Polisi yang bertugas. Wilayah kerja Polsek Miomaffo Timur sangat luas yaitu membawahi 6 Kecamatan. Untuk itu, kami sudah menyiapkan lahan seluas 1 hektar untuk dapat di bangun atau di dirikan 1 buah Polsek," pungkasnya. 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama seorang siswi dari SMA Negeri Taekas mengaku sangat senang karena dapat bertemu langsung dengan napak Kapolda NTT. "Pada saat ini saya ingin mendapatkan tips atau motivasi dari Bapak Kapolda NTT untuk kami anak muda agar bisa sukses dan dapat meraih cita-cita kami," pintanya. 

Tanggapan Kapolda NTT, bahwa persyaratan utama tanah yang akan diberikan kepada Polri harus bersertifikat.

"Saya melihat jarak Polsek memang sangat jauh. Kalau memang terpenuhi nantinya agar camat setempat dan masyarakat serta tokoh agama, tokoh adat maupun tokoh masyarakat dapat membuat surat permohonan dan di kirim ke saya untuk bisa di proses lanjut ke Mabes Polri dan ke tingkat selanjutnya. Tapi dapat saya pastikan semua itu bisa," jelas Kapolda NTT. 

Dikatakannya, jika kondisi Pospol sangat tidak layak, agar pak Kapolres segera tinjau ke sana sehingga apa yang diperlukan untuk bisa dipenuhi supaya secepatnya dapat diperbaiki.

"Tips sukses adalah kerja keras, kerja cerdas dan bisa bekerja sama dengan rekan sejawat dan yg paling penting adalah berdoa kepada Tuhan," jelas Kapolda NTT. Usai tatap muka, Kapolda NTT melakukan penyerahan bantuan kepada masyarakat. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.