PENANAMAN 150 POHON: Polres TTU dan Pemerintah Daerah Bergerak Bersama untuk Hijaukan Kabupaten, Wakil Bupati: 'Ini Langkah Penting untuk Masa Depan

PENANAMAN 150 POHON: Polres TTU dan Pemerintah Daerah Bergerak Bersama untuk Hijaukan Kabupaten, Wakil Bupati: 'Ini Langkah Penting untuk Masa Depan

Tribratanewsttu.com,- Polres Timor Tengah Utara (TTU) menyelenggarakan kegiatan penanaman 10 juta bibit pohon di lahan milik Polri yang berlokasi tepat disamping pembangunan Gereja Oekumene Polres TTU. Hari Rabu, (15 / 11 / 2023).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, antara lain Kapolres TTU, Wakil Bupati TTU, Wakapolres TTU, Kasdim 1618/TTU, PJU Polres TTU, Perwakilan Ketua Pengadilan Negeri Kefamenanu, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten TTU, dan Perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten TTU.

Sebanyak 150 bibit pohon ditanam dalam kegiatan ini, mencakup jenis-jenis pohon seperti Cemara India, Trumbesi, Mahoni, Johar, dan Jambu Air.

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.I.K., M.H., dalam wawancaranya menyatakan bahwa program ini merupakan inisiatif dari Polri dengan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah. "Pada prinsipnya, kita menindaklanjuti perintah Bapak Presiden kepada Bapak Kapolri untuk melaksanakan penghijauan. Melalui penanaman pohon ini, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesejahteraan masyarakat di masa depan," ujarnya.

Beliau menekankan pentingnya keberlanjutan program ini, dari pemerintah daerah sudah berencana melibatkan personil TNI-Polri untuk membantu dalam penanaman bibit pohon ke depannya.

Sementara itu, Wakil Bupati TTU, Drs. Eusabius Binsasi, menyambut baik inisiatif Polri dalam menggerakkan masyarakat untuk menanam 10 juta pohon. "Pohon sangat dibutuhkan di Indonesia untuk mengatasi polusi dan menjaga ketersediaan air. Terima kasih kepada Polri, khususnya kepada Bapak Kapolres TTU dan jajarannya yang telah menggerakkan ini. Pemerintah daerah akan memberikan dukungan melalui Dinas Lingkungan Hidup untuk menyediakan bibit pohon sebanyak mungkin," ungkapnya.

Pemerintah daerah berencana memulai penyiapan bibit pohon sejak awal musim hujan, dengan harapan dapat menghijaukan kota dan menjaga sumber air di Kabupaten TTU agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.