Pendistribusian Logistik Pemilu, Kapolres TTU : Seluruh Personel All Out Amankan Pemilu

Pendistribusian Logistik Pemilu, Kapolres TTU : Seluruh Personel All Out Amankan Pemilu

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.I.K., M.H ikut melakukan pemantauan dan pelepasan logistik pemilu di gedung Logistik KPU di Gedung Bela Biinmaffo, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU, Senin (13/2/2024).

"Seluruh personil all-out mengamankan pelaksanaan pemilu mulai dari proses pemberangkatan (Logistik) sampai di tempat tujuan. Dikawal oleh anggota yang melaksanakan PAM TPS. Kami pastikan netralitas TNI-Polri," ujar Kapolres TTU saat diwawancarai awak media di halaman depan Gedung Logistik KPUD TTU.

Lebih lanjut Kapolres TTU memastikan personel Polres TTU tidak akan masuk dalam politik praktis dan pengamanan dilaksanakan secara all out. "Kami juga dengan Pak Dandim nanti akan melaksanakan patroli juga untuk memastikan bahwa pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan luber jurdil dan tentunya kondusif," pungkasnya. 

Dikatakan, jumlah keseluruhan personel yang diterjunkan pada pemilu tahun 2024 sebayak 360.  Pemilu di Kabupaten TTU juga mendapat BKO dari Brimob Polda NTT, di samping itu juga dari personel Kodim 1618/TTU, Batalion Kompi Senapan C dan dari Satgas Pamtas.

Hal senada ditambahkan Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Laode Irwan Halim S.I.P.,M.Tr.,(Han)., bahwa, sesuai regulasi undang-undang TNI, tugas tersebut merupakan tugas perbantuan yang diberikan kepada pihak kepolisian. "Jumlah personal yang kami siagakan khususnya di Kabupaten Timur Tengah Utara ini anggota Kodim sendiri 203 orang. Khusus dari Batalion Kompi Senapan C 90 orang.

"Nanti ada yang disiagakan untuk meng-cover daerah perbatasan itu 350 orang. Itu cuma untuk membantu apabila dalam keadaan urgen sehingga pelaksanaan kegiatan dapat berjalan dengan lancar," ujarnya. 

"Saya ulangi lagi, sesuai dengan regulasi memberikan bantuan kepada pemerintah daerah dan Polri apapun yang diminta oleh Polri kami akan melaksanakan kegiatan itu. Kita tidak ada yang melaksanakan PAM di TPS namun kurang lebih  50 meter itu bisa kita tempatkan anggota-anggota untuk melaksanakan patroli bersama polisi mengantisipasi apabila ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tambahnya. 

Dikatakan Dandim TTU, ada tiga ring pengamanan, yakni, ring 1, ring 2 dan ring 3. Ring 1 dijaga oleh KPU dan Bawaslu serta polisi yang ditugaskan di TPS, ring dua ada unsur pemerintah, unsur Polri dan TNI bersatu mengamankan di lokasi TPS kurang lebih 50 meter ke atas. "Kita sebagai orang-orang yang netral, tidak memihak, aturan regulasi yang ada harus jalani," jelas Dandim TTU. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.