Percepat Vaksinasi, Polres TTU Jemput Bola Hingga Kecamatan

Percepat Vaksinasi, Polres TTU Jemput Bola Hingga Kecamatan
Kapolres TTU, AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, S.Ik saat memantau proses Vaksinasi di SMP Negeri Satap Oemasi, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU, Selasa (18/1/2022).

Tribratanewsttu.com- Dalam rangka mempercepat proses Vaksinasi di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Polres TTU tidak hanya melakukan proses Vaksinasi di Klinik Bhayangkara Polres TTU, namun juga turun langsung ke wilayah kecamatan hingga desa untuk menjemput bola dan melakukan Vaksinasi bagi masyarakat yang belum divaksin. 

Hal tersebut dibuktikan dengan proses Vaksinasi yang dilaksanakan di SMP Negeri Satap Oemasi, Kecamatan Insana, Kabupaten TTU, Selasa (18/1/2022). Selain pelajar, Vaksinasi Covid-19 dosis I itu juga dilakukan kepada para lansia dan masyarakat umum.

Hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita itu, yakni Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, S.Ik, Kasubag Humas Polres TTU Iptu Anselmus Pera, Kasat Samapta Polres TTU Iptu Warsito, Kasat Lantas Polres TTU Iptu Firamuddin, S.H dan Kapolsek Insana. 

Jenis Vaksin yang digunakan adalah Pfizer dengan rincian jumlah peserta sebanyak 228 orang dengan jumlah stok Vaksin sebanyak 38 vial (1 vial 6 dosis). Sementara itu, yang berhasil digunakan sebanyak 38 Vial. Tidak ada vaksin yang tersisa. Hasil sasaran yang divaksin berjumlah 228 orang.Rincian peserta vaksin berdasarkan kategori, masyarakat umum sebanyak 55 orang, usia rentan 3 orang, lansia 27 orang dan pelajar atau remaja 143 orang.

Untuk alur pelayanan vaksin, meja satu melakukan pencatatan serta pendaftar (verifikasi data), meja dua melakukan Screening anamnesa dan edukasi Vaksin Covid-19, meja tiga melakukan pemberian Vaksin kepada  sasaran dan meja empat melakukan evaluasi mempersilahkan sasaran untuk beristirahat 30 menit untuk megantisipasi  KIPI (kejadian ikutan pasca imunisasi) serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Sementara Vaksinator yang melakukan vaksinasi kepada sasaran yakni dokter 1 orang dan Nakes Gerai Vaksin Presisi Polres TTU 10 orang. Pukul 16.15 wita giat selesai, berjalan aman dan lancar dengan mendapatkan pengamanan dari 6 Personil Polsek Insana dan 1 anggota Babinsa.

Kapolres TTU AKBP Nelson Filipe Diaz Quintas, S.Ik melalui Kasubag Humas Polres TTU Iptu Anselmus Pera, menjelaskan, dalam rangka percepat proses Vaksinasi di Kabupaten TTU, Polres TTU melakukan terobosan sampai ke wilayah kecamatan, karena masih banyak yang belum divaksin. 

Untuk itu, bersama dengan Nakes Gerai Vaksin Presisi Polres TTU turun ke SMP Negeri Satap Oemasi untuk melakukan vaksinasi terhadap pelajar dan masyarakat yang belum divaksin dengan target 300 sasaran. Sementara itu Kasat Samapta Polres TTU, Iptu Warsito menambahkan, pihaknya siap membackup untuk proses penjemputan dan mengantar peserta vaksin dengan truk dalmas dan Bus. 

TTU : Teladan Terampil Unggul