Polres TTU gelar Latihan TFG, langsung disaksikan Karo Ops dan Dir Samapta Polda NTT

Polres TTU gelar Latihan TFG, langsung disaksikan Karo Ops dan Dir Samapta Polda NTT

Tribratanewsttu.com- Kepolisian Resor Timor Tengah Utara (Polres TTU) menggelar Latihan Tactical Floor Game (TFG) dalam rangka persiapan pengamanan pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di daerah tersebut yang akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia pada Desember 2020 mendatang.

Pantau Humas Polres TTU ini, Kamis (13/8), di lapangan apel Mapolres TTU, kegiatan TFG dipimpin langsung Kapolres TTU, AKBP Nelson Filepe Diaz Quintas, disaksikan Direktur Samapta Polda NTT dan Karo Ops Polda NTT. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dandim 1618/TTU, Para Kasat, para Kapolsek, Danton Brimob,  Perwira Staf dan Personel Polres TTU.

Kapolres TTU, Nelson Filepe Diaz Quintas, usai memimpin pelatihan simulasi Sispamkota melalui tactical floor game dalam rangka pengamanan Pilkada serentak tahun 2020 Kabupaten TTU kepada wartawan mengatakan, kegiatan  simulasi Sispamkota dilaksanakan dalam bentuk TFG tersebut dilaksanakan mengingat saat ini situasi masih dalam pandemi Covid-19-19.

Menurut Nelson, kegiatan TFG tersebut telah dipersiapkan sebelumnya dan pelaksanaan hari ini dinilai langsung oleh tim dari Polda NTT. Penilaian tim dari Polda NTT terhadap pelaksanaan TFG sudah cukup bagus namun ada beberapa hal yang dikoreksi. Penilaian tersebut menunjukkan Polres TTU telah melaksanakan pengamanan Pilkada atau belum.

Polres TTU telah siap melaksanakan pengamanan pelaksanaan Pilkada di TTU beberapa bulan yang lalu. Sejumlah langkah penanganan telah dilakukan seperti pengamanan di Bawaslu dan KPU TTU. Selain itu, pihaknya juga telah melaksanakan pelatihan terhadap anggota yang nantinya akan mengamankan para pasangan calon.

“Para calon yang sudah ditetapkan nantinya akan mendapat pengamanan dari kita. Jumlah anggota sekarang 450-an orang. Nanti sepertiga kita bantu untuk pengamanan dan nanti juga ada bantuan dari Polres TTS, Brimob Polda dan Kodim 1618/TTU,” pungkasnya.

Sementara Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, mengatakan dalam rangka Pilkada 2020 Kodim 1618/TTU bertugas memberikan bantuan kepada Polres TTU pada saat nanti dibutuhkan. Dengan pelatih Sispamkota akan dilatih mekanisme tentang prosedur komunikasi dan tahapan kegiatan pada saat Pilkada. Dengan demikian, pihak TNI dalam hal ini Kodim 1618/TTU berkewajiban memberikan bantuan kepada Polres TTU saat dibutuhkan.

Menurut Junaidi, bantuan yang diberikan termasuk pengamanan objek-objek vital dimulai dari tahapan penetapan calon sampai dengan masa tenang dan pemungutan suara.

“Tahun kemarin kita sudah ada hibah kegiatan pengamanan Pilkada. Sehingga kita berkewajiban melaksanakan kegiatan sesuai dengan tahapan yang ada. Dihitung dengan jumlah personel yang ada kita akan membantu membackup untuk pengamanan objek vital maupun kegiatan,” tandasnya.