Polres TTU Gelar Pelatihan Pra Operasi Samana Santa Ranakah

Polres TTU Gelar Pelatihan Pra Operasi Samana Santa Ranakah

Tribratanewsttu.com – Kepolisian Resort Timor Tengah Utara melaksanakan Pelatihan Pra Operasi Kepolisian Kewilayahan Samana Santa Ranakah 2021 tingkat Polres TTU. Kegiatan diawali dengan dilakukannya upacara pembukaan yang bertempat di aula Bhayangkari Polres TTU.

Kegiatan ini mengusung tema “Melalui Latihan Pra Operasi Semana Santa Ranakah 2021, Kita Tingkatkan Kemampuan Satuan Tugas Melalui Giat Pre-emtiff, Preventif dan Penegakan Hukum serta Deteksi Dini Guna Mewujudkan Sitkamtibmas dan Kamseltibcarlantas yang Kondusif sehingga Masyarakat dapat Merayakan Hari Raya Paskah dengan Aman dan Nyaman Ditengah Pandemi Covid-19”.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kapolres TTU, AKBP Nelson Felipe Dias Quintas, S.I.K, dihadiri oleh Wakapolres TTU, Kabagops Polres TTU dan diikuti oleh Perwira dan Bintara yang terlibat dalam Ops Samana Santa Ranakah 2021.

Kegiatan ini diisi dengan pemaparan materi yang diberikan oleh para instruktur kepada para peserta. Instruktrus yang memberikan materi antara lain, Kasat Intelkam Polres TTU,Kasat Reskrim Polres TTU, Kasat Sabhara Polres TTU dan Kasat Binmas Polres TTU. Kasat Intelkam Polres TTU memberikan pemaparan tentang gambaran umum wilayah TTU, menyampaikan perkiraan - perkiraan ancaman dan kerawanan-kerawanan yang mungkin terjadi, langkah-langkah deteksi dan penggalangan terhadap tokoh agama dan juga menyampaikan target operasi.

Selain itu materi juga diberikan oleh Kasat Reskrim Polres TTU terkait dengan UU No.1 tahun 1946 tentang KUHP, UU No.8 tahun 1981 tentang KUHAP, Perkap Nomor 8 tahun 2014 tentang pengelolaan barang bukti, penyelesaian masalah kekerasaan dan UU ITE akan diupayakan penyelesaian secara Restorative Justice dan terkait dengan penanganan penistaan agama yang memiliki dampak luas.

Kasat Sabhara Polres TTU menyampaikan pemaparan tentang tugas Satsabhara dalam melaksanakan patroli dipemukiman penduduk pada saat masyarakat melaksanakan ibadah, penertiban terhadap masyarakat yang mengkonsumsi miras ditempat umum, peningkatan patroli di pusat keramaian, dan membantu pihak gereja untuk menertibkan masyarakat yang tidak mematuhi protocol kesehatan.

Sebagai penutup, Kasat Binmas Polres TTU, menyampaikan bahwa Satbinmas akan memberikan himbauan kepada kepada masyarakat yang melakukan ibadah hari raya paskah agar selalu menjaga keamanan lingkungan rumah dengan memastikan rumah dalam keadaan terkunci, kompor dalam keadaan mati dan lain-lain.