Sambut HUT Polwan ke 74, Polwan Polres TTU Beri Bantuan ke Penyandang Disabilitas

Sambut HUT Polwan ke 74, Polwan Polres TTU Beri Bantuan ke Penyandang Disabilitas
Satuan Polres TTU saat pose bersama sasaran penerima bantuan usai kegiatan Baksos, Selasa (2/8/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com- Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Polisi Wanita (Polwan) yang akan jatuh pada tanggal 1 September 2022, satuan Polres TTU mewujudkan tali kasih dengan membantu 2 orang kaum disabilitas, Selasa (2/8/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.45 wita tersebut dipimpin oleh Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H. Hadir saat itu Wakapolres TTU, Kompol Herman Lona, Kabag SDM Polres TTU AKP Osman Hendaru, S.Ip, Kasat Sabhara Polres TTU Iptu Warsito, Kasi Humas Polres TTU Iptu I Ketut Suta, Kapolsek Noemuti Iptu I Wayan Guna, para Polwan se-Polres TTU dan personil Polsek Noemuti.

Dua orang sasaran Disabilitas kegiatan Bhakti Sosial (Bhaksos) tersebut adalah Yantris Loin (22) dan Odiyanto Loin (20), warga Neufmolo, RT 13/RW 04, Desa Banfanu, Kecamatan Noemuti, Kabupaten TTU. Keduanya mengalami cacat permanen hingga tidak dapat menikmati pendidikan seperti seperti layaknya anak-anak yang lain.

Ayah dari kedua kakak-beradik ini bernama  Yakobus Loin (50). Adalah seroang ayah yang tangguh menanggung beban keluarga dan setia menafkahi dan membesarkan Yantris dan Odiyanto tanpa seorang ibu yang telah lama meninggal mereka sebatang kara tanpa kasih sayang.

Bantuan sosial yang diberikan kepada sasaran, berupa Beras 20 Kg, telur 3 krak dan bingkisan (dua kotak). Bantuan diserahkan oleh Aipda Adriana Seran selaku Senior dari dua puluh tujuh Polwan yang bertugas di Polres TTU.

Bantuan yang diberikan tersebut disaksikan oleh Kepala Desa Banfanu Kanisius Fios bersama Perangkat Desa, Ketua BPD Desa Banfanu, Bhabinkamtibmas Desa Banfanu dan Ketua RT setempat. 

Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H menjelaskan, di momen HUT Polwan yang ke-74 Polres TTU beserta jajaran melaksanakan Bhakti Sosial. "Kita lihat dua saudara kita yang Disabilitas cukup memprihatinkan juga. Di sini Polri hadir dalam rangka memberikan bantuan sosial sekedarnya," ungkapnya.

"Setelah saya lihat, itu (Bantuan) tidak cukup sampai di sini. Jadi nanti kita menjadi pemantik bagi saudara-saudara kita yang berlebih, siapa tahu ada rezeki bisa memberikan bantuan juga," ujarnya.

Dikatakannya, bantuan tersebut merupakan wujud perhatian sebagai sesama manusia khususnya Polri yang Presisi untuk ikut hadir. "Untuk memberikan pencerahan bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan. Dan di sini ada saudaranya, nanti kita carikan pekerjaan," pungkasnya.

Sementara itu, Senior Polwan, Aipda Dian Seran mengatakan, bantuan tersebut berkat informasi awal dari Polwan yang pernah bertugas di Polsek Noemuti bahwa ada bersaudara disabilitas yang membutuhkan perhatian. Melalui informasi tersebut Polwan Polres TTU sepakat untuk memberikan bantuan kepada sasaran.

"Kami Polwan, perempuan, sehingga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh sasaran yang juga adalah perempuan yang mengalami kondisi seperti ini. Semoga dengan sedikit bantuan yang diberikan dapat membantu saudara yang mengalami disabilitas," ujarnya.

"Selama ini kami kami memberikan bantuan kepada keluarga ini melalui bantuan PKH, LSM dan para perantau dari Desa Banfanu yang juga beri bantuan. Sari pemerintah desa Banfanu mengucapkan limpah terima kasih kepada Ibu Polwan. Selamat hari Bhayangkari yang ke 74," ucap haru Kepala Desa Banfanu, Kanisius Fios. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.