Sukseskan Pilkades Serentak, Polres TTU Gelar Cipta Kondisi

Sukseskan Pilkades Serentak, Polres TTU Gelar Cipta Kondisi

Tribratanewsttu.com - Dalam rangka mensukseskan proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak tingkat Kabupaten TTU yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2023 mendatang, maka Intelkam Polsek Jajaran Polres TTU kembali menggelar kegiatan cipta kondisi berupa penggalangan yang dilaksanakan pada, Senin (8/5/2023).

Kasi Humas Polres TTU, AKP I Ketut Suta, menjelaskan, penggalangan oleh Panit Intelkam Polsek jajaran Polres TTU dilakukan terhadap tokoh agama, tokoh pemerintah, tokoh adat dan tokoh masyarakat dengan jumlah 8delapan Polsek.

Yang pertama, pada pukul 09.00 wita Polsek Miomaffo Barat dengan giat penggalangan terhadap tokoh Agama Pastor Paroki St Nikolas Bijaepasu, Kecamatan Miomaffo Tengah, Rm. Emanuel Natalis Usboko Pr. 

Pastor Paroki St. Nikolas Bijaepasu mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Miomaffo tengah khususnya umat Paroki St.Nikolas Bijaepasu agar menjadi pemilih yang cerdas dan menciptakan situasi yang aman dan menjadikan Pilkades sebagai sarana menjalin persaudaraan dan Persatuan. Giat berakhir pada Jam 09.30 wita situasi dalam keadaan aman terkendali.

Selanjutnya, Polsek Miomaffo Timur dengan melakukan giat penggalangan terhadap tokoh Pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda dengan tujuan mengajak masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban agar tetap Kondusif menjelang Pilkades Serentak di Kabupaten TTU.

Pada pukul 12.00 wita bertempat di rumah penjabat Kepala Desa Kaenbaun, Desa Kaebaun, Kecamatan Miomaffo Timur, Kabupaten TTU Syprianus Taus dengan Tujuan mengajak masyarakat Desa Kaenbaun untuk menjaga keamanan dan ketertiban menjelang pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten TTU yang akan yang digelar pada tanggal 17 Mei 2023 mendatang. 

Penjabat Kades Kaenbaun meminta kepada pihak Kepolisian untuk membantu para Kepala Desa dalam rangka menciptakan situasi keamanan menjelang pilkades yang akan diadakan pada tanggal 17 Mei 2023 mendatang.

Penjabat Kepala Desa juga menghimbau kepada Masyarakat Desa Kaenbaun agar membantu Pemerintah dan Aparat Keamanan untuk secara bersama - sama menjaga dan memilihara situasi keamanan baik dalam hal pelaksanaan pilkades maupun hal lain. Giat berakhir pada Jam 12.30 wita situasi dalam keadaan aman terkendali.

Satuan Polsek Noemuti melalui Panit Intelkam pada jam 10.00 Wita bertempat di kantor Camat Noemuti dilaksanakan kegiatan penggalangan terhadap Plt. Camat Noemuti guna menyampaikan himbauan dan penegasan kepada masyarakat dan Calon Kepala Desa dan simpatisan agar dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023 tetap menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Plt. Camat Noemuti Anik Wahyuni ST, mengatakan, pelaksanaan Pilkades di kecamatan Noemuti memiliki kerawanan yang tinggi dan adanya kejadian yang terjadi dalam tahapan pilkades namun persoalan tersebut telah di koordinasikan sehingga dapat di minimalisir dan di selesaikan dengan baik.

Adapun beberapa kegiatan yang telah dikoordinasikan dan di komunikasikan oleh tingkat Forkopincam Noemuti untuk dilaksanakannya kegiatan Deklarasi Damai secara serentak dan terpusat pada tanggal 10 Mei 2023, jam 08.00 wita, bertempat di Gereja Hati Yesus Yang Maha Kudus Kote - Noemuti, Kecamatan Noemuti, Kab. TTU. Giat berakhir jam 11.00 Wita berjalan aman dan lancar.

Kemudian, Polsek Insan pada hari Senin 08 Mei 2023 jam 09.00 wita bertempat di Kantor Camat Insana berlangsung Giat Penggalangan Oleh Unit Intelkam Polsek Insana terhadap tokoh Pemerintah dalam hal ini Plt. Camat Insana, Hiro Rusae Derosari.

Plt. Camat Insana mengajak seluruh masyarakat Kecamatan Insana agar menjadi pemilih yang cerdas dan menciptakan situasi yang aman dan menjadikan Pilkades sebagai sarana menjalin persaudaraan dan Persatuan. Giat berakhir pada Jam 09.30 wita situasi dalam keadaan aman terkendali

Polsek Biboki Selatan pada hari Senin, tanggal 08 Mei 2023 pukul 10.00 wita bertempat di Kantor Desa Supun, Kecamatan Biboki Selatan telah dilaksanakan giat penggalangan oleh Unit Intelkam Polsek Biboki Selatan terhadap Tokoh Pemerintah Desa Supun terkait situasi Kamtibmas menjelang Pilkades Serentak di TTU.

Pelaksana Harian Kepala Desa Supun mengajak seluruh masyarakat Desa Supun agar selalu menjaga keamanan dan Ketertiban menjelang Pilkades dan siapapun yang nanti terpilih menjadi Kepala Desa, masyarakat desa Supun harus menerima dengan lapang dada. Giat berakhir pada Jam 10.30 wita situasi dalam keadaan aman terkendali.

Untuk Polsek Biboki Utara pada hari Senin tanggal 08 mei 2023, sekitar pukul 08.30 wita bertempat di Desa Makun, Kecamatan Biboki Foetleu, TTU dilakukan fiat penggalangan terhadap tokoh adat Desa Makun, Leonardus Kino serta himbauan kepada masyarakat Desa Makun, Biboki Feotleu dalam rangka pelaksanaan PILKADES Serentak Tahun 2023 Yang aman dan Kondusif.

Adapun penyampaian Banit Intelkam Polsek Biboki Utara Agar parah tokoh adat dan seluruh element masyarakat dapat mendukung, menjaga berjalannya pesta demokrasi secara aman dan lancar di desa Makun. 

Jangan saling menghujat para Pascalon lainya dan melakukan (black company) dan menerima politik uang (money politic) dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab untuk dapat melaporkan berkerja sama dengan pihak kepolisian.

Bersama- sama dapat membangun dan membina hubungan yang baik walaupun beda pendapat untuk memilih figur masing-masing namun dapat menghargai satu sama lain. Dalam menjelang nya pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023, agar selalu ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa.

Tanggapan Tokoh Adat/ketua pemilihan Desa, Leonardus Kino bahwa sebagai tokoh adat dan sebagai ketua panitia pemilihan Desa Makun sudah dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk saling menjaga keamanan dalam berjalan nya pesta demokrasi yang santun dingin dan sejuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan Pilkades. 

Harus saling menghargai para calon dan siapa yang terpilih itulah pimpinan desa kita harus saling mendukung program yang ia akan jalankan. "Saya selaku Ketua panitia pemilihan desa bersama anggota akan menjalankan tanggung jawab dalam pelaksanaan pemilu secara netralisai, baik dan profesional," tegasnya. Giat berakhir pada pukul 09:25 Wita, berjalan aman dan lancar.

Polsek Biboki Anleu pada hari Senin, 08 Mei 2023, Pukul 10:30 Wita, bertempat di Rumah Vinsensius Aisaef di Nekus-Desa, Mauk'abatan, Kec. Biboki Anleu telah dilaksanakan kegiatan penggalangan oleh Unit Intelkam Polsek Biboki Anleu.

Adapun penyampaian Panit Intelkam Polsek Biboki Anleu bahwa untuk kecamatan Biboki Anleu terdapat 9(sembilan) Desa yang akan ikut dalam pilkades serentak tahun 2023. Sehingga kami dari Pihak Polsek Biboki Anleu, meminta kepada Bpk Vinsensius aisaef sebagai Tokoh Pemerintahan desa Mauk'abatan, agar menghimbau masyarakat kampung Nekus dan sekitarnya, sehingga memahami aturan pemilu dan bisa meredam diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri serta hubungan baik dengan sesama.

Khususnya Pada Desa Mauk'abatan tersebut ada 5(lima) Calon yang Siap bertarung dalam pemilihan Kepala desa Ponu Periode 2023 s/d 2029. Sehingga Bpk bisa memberikan pengertian baik bagi Para Masyarakat sekitar agar tidak bertindak/melakukan -hal provokatif yang dapat menghambat kegiatan pemilihan kepala Desa agar berjalan aman dan lancar.

Mohon dukungan kerja sama dari Pihak Tokoh Pemerintahan desa Mauk'abatan agar dapat membantu menyampaikan himbauan/penegasan kepada masyarakat desa Mauk'abatan,agar dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023, agar selalu ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Tanggapan Tokoh Pemerintahan Desa Mauk'abatan Vinsensius aisaef bahwa erkait dengan Kegiatan politik Pilkades kami dari Tokoh Pemerintahan Desa Mauk'abatan selalu menekankan dan menghimbau kepada Masyarakat desa Mauk'abatan agar selalu menjaga persatuan, kesatuan dan menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, yang mana kegiatan/ hajatan politik hanya bersifat sementara.

Menghimbau Masyarakat desa Mauk'abatan agar Pada Tanggal 17 Mei 2023, Jangan lupa mendatangi TPS pada dusun masing-masing untuk memberikan Hak Pilih dengan hati yang Damai serta jaga Ucapan dan Tutur kata dengan sesama,agar kegiatan pemilihan kepala desa pada desa Mauk'abatan dapat berjalan lancar dan aman.

Pihak pemerintah desa Mauk'abatan akan mendukung kepolisian dalam hal ini polsek Biboki Anleu, guna menciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif dalam pelaksanaan Pilkades. Giat berakhir pada pukul 11:10 Wita, berjalan aman dan lancar.

Polsek Insana Utara pada hari Senin, 08 Mei 2023, pukul 09:30 Wita bertempat Pantai Temkuna, Rt/Rw 022/001, Desa Humusu Wini, Insana Utara telah dilaksanakan kegiatan penggalangan oleh Unit Intelkam Polsek  Insana Utara guna memberikan himbauan kepada seluruh umat Paroki St. Fransiskus Xaverius Wini Dalam rangka pelaksanaan PILKADES Serentak THN 2023 agar aman dan Kondusif.

Adapun penyampaian Panit Intelkam Polsek Insana Utara untuk Kecamatan Insana Utara terdapat 5 (Lima) Desa yang akan ikut dalam pilkades serentak tahun 2023.

Terkait dengan pelaksanaan Pilkades memiliki potensi/kerawanan yang tinggi yang mana dapat di ketahui bahwa Potensi kerawanan yang akan mungkin terjadi yaitu karena adanya beberpa faktor antara lain adanya Panitia Pilkades yang mendukung salah satu calon, keterlambatan perhitungan surat suara, adanya permainan money politik, adanya kampanye terselubung dari para calon maupun pendukung atau simpatisan dari para calon kades, intimidasi terhadap para pemilih,  sehingga pada kesempatan ini kami.

Mmohon dukungan kerja sama dari Bapak Rm untuk dapat membantu menyampaikan himbauan/penegasan kepada masyarakat maupun umat ,agar dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2023, untuk selalu ciptakan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Kec. Insana Utara. 

Tanggapan Rm. Yoris Giri, Pr, bahwa terkait dengan Kegiatan politik Pilkades kami dari pihak Gereja akan selalu menekankan dan menghimbau kepada warga masyarakat maupun umat Paroki agar selalu menjaga persatuan, kesatuan dan menciptakan kedamaian dan kerukunan dalam lingkungan sekitar, maupun di dalam desa atau kecamatan Insana Utara seluruhnya sehingga hajatan atau Pesta demokrasi ini dapat berjalan dengan aman dan damai sehingga terciptanya masyarakat yang harmonis dan saling mengasihi satu sama lain sebagai Insan yang beriman. Giat berakhir pada pukul 10:00 Wita, berjalan aman dan lancar.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat