Wujud Sinergritas TNI Polri saat Pengamanan Pilkada

Wujud Sinergritas TNI Polri saat Pengamanan Pilkada

Tribratanewsttu.com- Pihak Kodim 1618/TTU menurunkan sejumlah personelnya dalam rangka membantu kepolisian Khususnya Polres Timor Tengah Utara ( Polres TTU ) untuk mengamankan tahap pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati TTU pada pemilihan kepala daerah ( Pilkada) tanggal 9 Desember 2020 mendatang.

Proses pengamanan yang dilakukan oleh pihak TNI dan kepolisian tersebut dilakukan dengan untuk mencegah adanya potensi gangguan keamanan pada saat proses pendaftaran.

Hal tersebut tampak dalam pengamanan tahapan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati di kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat, Minggu (6/9/2020) sekira pukul 11:00 Wita.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi, S.Sos mengatakan, anggota TNI dan polri melakukan pengamanan saat pendaftaran dengan tujuan untuk mencegah gangguan keamanan selama tahapan pendaftaran.

"Pengamanan dilakukan untuk mencegah gangguan keamanan selama tahapan pendaftaran," ujar Roni melalui rilisnya kepada Pos Kupang, Minggu (6/9/2020).

Roni mengatakan, tidak kalah penting dalam proses pengamanan adakah antisipasi terkait penerapan protokol kesehatan dalam proses kegiatan pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten TTU.

"Sehingga kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19 pada saat kegiatan pendaftaran bapaslon," ujarnya.

Sesuai dengan jadwal, tahapan pelaksanaan pendaftran paslon bupati dan wakil bupati TTU pada pilkada 2020 berlangsung selama tiga hari mulai dari tanggal 4-6 September 2020.

Selama masa pendaftaran bapaslon tersebut, TNI dan Polri dapat menjalankan semua tugas pengamanan dengan baik. Selain itu, TNI-Polri tidak terlibat dalam politik praktis dan netral semana masa pendaftaran.

Roni menambahkan, dalam pengamanan tahapan Pilkada Kabupaten TTU, Kodim 1618/TTU siap mebackup Polres TTU dalam rabgka rangka pengamanan pikada tahun 2020 ini.