45 Anggota Polres TTU Melaksanakan Tes Beladiri Polri

45 Anggota Polres TTU Melaksanakan Tes Beladiri Polri
Ketua Tim Penguji AKBP Hellen E. Pattikawa, S.Sos., M.H didampingi Kabag SDM Polres TTU saat melaksanakan tes Beladiri Polri di Aula Bhayangkari Polres TTU (Selasa, 10 September 2024) Dok. Humas

Dalam pelaksanaan tugasnya, setiap anggota Polri dihadapkan dengan berbagai situasi lapangan yang memiliki tingkat resiko yang beragam sesuai dengan jenis kejahatan dan karakter para pelaku. Dalam hal melakukan pengamanan dan pengangkapan pelaku, anggota Polri dituntut memiliki kemampuan dasar bela diri yang mumpuni, selain untuk melindungi diri dari serangan, juga dapat digunakan untuk menangkap dan mengamankan para pelaku kejahatan yang melakukan perlawanan.

Untuk memberikan keterampilan pendukung dalam pelaksanaan tugas tersebut, maka institusi Polri telah mengembangkan suatu keterampilan beladiri yang dikenal dengan ”Beladiri Polri” sesuai dengan Surat Keputusan Kapolri Nomor Pol:Skep/726/X/2003, tanggal 6 Oktober 2003 tentang Buku Pedoman Beladiri Polri yang mempelajari tentang teknik – tenik dasar dan pengembangan bela diri Polri.

Kemampuan bela diri Polri ini, kemudian menjadi salah satu syarat yang harus diujikan kepada semua personil Polri yang akan melaksanakan kenaikan pangakat oleh pengemban fungsi SDM di seluruh jajaran Polri sebagaimana dimaksud dalam Surat Keputusan Kapolri nomor : SKEP/984/XII/2004, tanggal 28 Desember 2004 tentang Pedoman Administrasi Kesamptaan Jasmani dan Bela Diri Polri bagi Pegawai Negeri pada Polri.

Di tahun 2024 ini sebanyak 45 personil Polres TTU akan melaksanakan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Dengan mendatangkan tim penguji dari Polda NTT, para personil Polres TTU tersebut harus melaksanakan tes kemampuan Bela Diri Polri.

(Selasa, 10 September 2024) Didampingi Kabag SDM Polres TTU, tim penguji dari Polda NTT melaksanakan tes kemampuan bela diri Polri terhadap personil Polres TTU yang akan melaksanakan kenaikan pangkat; hadir dalam kegiatan tersebut AKBP Hellen E. Pattikawa, S.Sos., M.H. (Ketua Tim), Brigpol Andriano Y. Klaran, S.H. (Anggota Tim), dan Bripda Daniel Eliza Grassa (Anggota Tim).

Proses pengujian berlangsung lancar dan selesai sekitar pukul 10.20 WITA. Dengan penguasaan keterampilan bela diri Polri yang mumpuni, diharapkan anggota Polri Polres TTU semakin siap menghadapi berbagai tantangan di lapangan, untuk melindungi diri, serta menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat dengan lebih efektif.