Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolres TTU : Siap Amankan Perayaan Idul Fitri

Bupati Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolres TTU : Siap Amankan Perayaan Idul Fitri
Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Drs. Juandi David memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022 tingkat Polres TTU di lapangan apel Mapolres TTU, Jumat (22/4/2022). (Foto : Briptu Rian Welsyah)

Tribratanewsttu.com- Bupati Timor Tengah Utara (TTU) Drs. Juandi David memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022 tingkat Polres TTU di lapangan apel Mapolres TTU, Jumat (22/4/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di lapangan apel Mapolres TTU itu dimulai pukul 08.50 wita. Hadir dalam apel tersebut, Ketua DPRD TTU Hendrikus F. Bana, S.H, perwakilan Kodim 1618/TTU, Ketua MUI Kabupaten TTU, Ketua PBNU Kabupaten TTU, Pengurus Masjid Se-Kota Kefamenanu, Kalak BPBD TTU, Kasat Pol PP TTU, Kadis Perhubungan dan Perwakilan Jasaraharja.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Turangga 2022 tingkat Polres TTU tersebut dilaksanakan dalam rangka wujudkan sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H di Kabupaten TTU. Hingga pukul 09.28 wita acara selesai berjalan aman dan lancar.

Susunan upacara diawali laporan Perwira Upacara kepada Inspektur Upacara, Inspektur upacara tiba di lapangan upacara, pasukan disiapkan, penghormatan pasukan kepada Inspektur upacara, laporan komandan upacara kepada Inspektur upacara dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan, penyematan pita operasi, petugas menghadap irup dan laporan.

Selanjutnya, amanat Inspektur upacara, andika Bhayangkari, Do'a, laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, penghormatan Pasukan kepada Inspektur Upacara hingga inspektur upacara berkenan meninggalkan lapangan Upacara. Upacara selesai pasukan dapat dibubarkan. 

Bupati TTU Drs. Juandi David yang diwawancarai usai apel, menjelaskan, Pemda TTU mendukung penuh perayaan Idul Fitri 1443 H di Kabupaten TTU agar berjalan aman, tertib dan terkendali. Salah satu bentuk dukungan yakni bersama jajaran Polres TTU melaksanakan apel gelar pasukan. 

Lebih lanjut Bupati periode 2021-2024 pasangan Wakil Bupati Drs. Eusabius Binsasi ini menyampaikan selamat merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H kepada seluruh umat Muslim yang berada di Kabupaten TTU. 

"Perayaan Idul Fitri kali ini beda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini diberikan kesempatan untuk bisa merayakan bersama keluarga di mana saja berada. Untuk jaminan kesehatan, keamanan telah tersedia di Posko-posko pengamanan," tutup orang nomor satu di Bumi Biinmaffo ini.

"Untuk pengamanan 100 persen Polres TTU sudah siap. Apa lagi mendapat dukungan dari semua stakeholder khususnya pemerintah daerah Kabupaten TTU dan dari Legislatif serta TNI AD Kodim 1618/TTU," ujar Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson, S.H, S.Ik., M.H. 

Mantan Kasubbid Paminal Bid Propam Polda NTT ini, menambahkan, PAM akan dilaksanakan sekitar 2 minggu mulai tanggal 14 hingga 27 Mei 2022 dengan melakukan Kegiatan Rutin yang Ditingkatkan (KRYD), membasmi adanya penyakit masyarakat (Pekat) dan memastikan pendistribusian bahan pokok."Kita pastikan mudik aman dan sehat. Kita pastikan," tegasnya.

Disinggung terkait jumlah personil yang akan dikerahkan untuk PAM Idul Futri, Kapolres Mukhson, menjelaskan, akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi arus mudik yang ada. Namun, yang tetap diwaspadai adalah di wilayah perbatasan termaksud wilayah pelabuhan Wini untuk memonitor keluar masuk orang maupun barang. 

Selaku penanggungjawab keamanan di wilayah Kabupaten perbatasan negara antara RI-RDTL, Kapolres Mukhson mengharapakan perayaan Idul Fitri 1443 H di Kabupaten TTU dapat berjalan aman dan sehat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Apa yang menjadi perintah dari pusat harus dipatuhi. Masyarakat harus tatap mempedomani Prokes agar bisa terhindar dari bahaya Covid-19," tutupnya. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani.