Jelang Pemilu, Unit Intelkam Polres TTU Gelar Koordinasi dan Penggalangan Terhadap Ketua FKUB

Jelang Pemilu, Unit Intelkam Polres TTU Gelar Koordinasi dan Penggalangan Terhadap Ketua FKUB

Tribratanewsttu.com - Unit Intelkam pada Kepolisian Resor Timor Tengah Utara (TTU) menggelar kegiatan koordinasi dan penggalangan terhadap Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten TTU terkait penjadwalan penyelenggaraan pemilu 14 Februari 2024, Senin (15/1/2024).

Koordinasi dan penggalangan dengan Ketua FKUB TTU, Romo Kanisius Oki, Pr tersebut dilakukan bertempat di Rumah Dekenat Kefamenanu pukul 10.30 wita yang mana bertepatan dengan momen Misa Rabu Abu bagi Umat Katolik. 

Kanit Sosbud Sat Intelkam Res TTU, Aipda Usman Soma saat itu menyampaikan bahwa pelaksanaan pencoblosan pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 bertepatan dengan Misa Rabu. Untuk itu, mungkinkah sudah ada kebijakan atau langkah dari Dekenat Kefamenanu terkait dengan hal tersebut. 

"Kita di wilayah Kabupaten TTU jumlah masyarakat  agama Katolik sebanyak 224.491 jiwa di mana jumlah yang cukup banyak bahkan pemilihan terbanyak maka jika berkenan agar Bapak Deken bisa menghimbau umat agar tidak Golput dalam memilih," ujar Aipda Usman Soma.

Dikatakan Aipda Usman Soma, jika ada permasalahan terkait Kamtibmas, Bapak Uskup bisa berkoodinasi dengan pihak Polres TTU dan berharap agar sama- sama menjalin kerja sama untuk mensukseskan pemilu yang Damai.

Sementara itu, Ketua FKUB TTU, Romo Kanisius Oki.Pr saat itu menjelaskan, terkait pelaksanaan pencoblosan pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 bertepatan dengan Misa Rabu, maka dari pihak Keuskupan Atambua memberikan dua Opsi kebijakan, pertama, pelaksanaan Missa Rabu Abu dilaksanakan pada pagi hari yakni Pukul 06.00 wita atau ditunda missa pada hari Jumat atau hari minggu.

"Kami dari pihak Dekenat mengambil keputusan pelaksanaan Missa Rabu Abu dilaksanakan pada pagi hari pukul 06.00 wita sehingga pada pukul 08.00 wita para umat bisa melaksanakan pencoblosan. Untuk khusus para petugas Pemilu bisa ditunda dan dilaksanakan Misanya pada hari Jumat atau hari Minggu sehingga pelaksanaan pemilu berjalan dengan lancar," terang Romo Kanisius Oki, Pr. 

"Kami Dekenat sudah sampaikan kepada Seluruh imam di wilayah Kabupaten TTU untuk sampaikan kebijakan kami tersebut dan mengumumkan kepada para umat serta mengimbau kepada umat untuk tidak Golput serta tidak terpancing oleh provokator yang mengganggu pelaksanaan pemilu Damai ini," tambahnya. 

Dikatakan Romo Kanisius Oki, Pr, bahwa pihaknya akan selalu berkoordinasi dan memberikan informasi kepada Pihak Polres TTU terkait Kamtibmas dan selalu mendukung penuh Polres TTU untuk pelaksanaan Pemilu agar Damai di wilayah Kabupaten TTU. 

Pada pukul 10.45 Wita giat penggalangan dan koordinasi terhadap ketua FKUB Romo Kanisius Oki.Pr terkait jadwal penyelenggaraan pemilu 14 Februari 2024 yang bertepatan dengan Misa Rabu Abu bagi Umat Katolik selesai dengan aman dan lancar.

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.