Kapolda NTT Gelar Kuliah Umum Bersama Mahasiswa Unimor

Kapolda NTT Gelar Kuliah Umum Bersama Mahasiswa Unimor

Tribratanewsttu.com - Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.IK., M.Hum memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa Universitas Timor di Kabupaten TTU, Kamis (21/7/2023).

Acara yang dimulai pukul 08.00 tersebut bertempat di Aula Utama Fakultas Pertanian, Sains dan Kesehatan Universitas Timor. Diawali doa pembuka yang dipimpin oleh Sekretaris Rektor Universitas Timor. Selanjutnya, seluruh peserta menyanyikan lagu kebangsaan, “Indonesia Raya,”.

Kehadiran Kapolda NTT disambut hangat oleh Rektor Universitas Timor, Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., beserta jajaran dosen serta para mahasiswa Unimor. 

Kapolda NTT dalam kuliah umum membahas tentang strategi pencegahan dan penindakan kejahatan siber untuk mewujudkan ruang digital yang bersih, sehat, beretika dan produktif di provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Kepada sivitas akademika Universitas Timor, Kapolda NTT berpesan agar dapat menggunakan perangkat elektronik secara bijak, pahami seluk beluk kejahatan siber untuk melindungi diri dari orang-orang yang berniat jahat kepada kita, pahami arahan hukum yang berlaku dalam dunia siber dan berpikir sebelum memposting informasi konten apakah terdapat dampak hukum atau tidak.

Setelah kuliah selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kapolda NTT memberikan doorprize menarik sebagai hadiah untuk beberapa pertanyaan yang dianggap paling menarik dan berkesan. 

Acara kunjungan ditutup dengan saling memberikan cendera mata serta foto Bersama. Kapolda NTT menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan hangat dan kesempatan untuk berinteraksi dengan seluruh komponen Universitas Timor. Jendral bintang dua ini juga berharap kerjasama yang baik akan terus terjalin dan membawa manfaat bagi masyarakat NTT.

Sementara itu, Rektor Unimor, Rektor Universitas Timor (Unimor) Dr. Ir. Stefanus Sio, M.P., saat memberikan sambutan mengucapkan selamat datang kepada Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Johanis Asadoma, S.IK., M.Hum dan menjelaskan bahwa Unimor merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia yang berdomisili di Kabupaten TTU, Provinsi NTT, khususnya di perbatasan RI-RDTL dengan jumlah mahasiswa sebanyak 11.500 orang, jumlah dosen 300 orang dan jumlah tenaga kependidikan 200 orang.

"Semuanya bekerja di sini (Unimor) untuk mencerdaskan anak-anak bangsa di kawasan perbatasan," ujarnya.

Rektor Stefanus Sio mengucapkan terima kasih kepada Kapolda NTT yang telah datang mengunjungi kampus Unimor. "Luar biasa kami berterima kasih karena selama ini kami menanti-nantikan Bapak Kapolda (NTT). Mudah-mudahan ke depan tidak hanya kegiatan hari ini tapi masih ada kegiatan lain yang kami akan mengundang Bapak Kapolda untuk datang lagi ke Kampus Unimor pada saat masa orientasi pendidikan mahasiswa baru tahun 2023-2024," ungkapnya. 

Dikatakannya, saat Unimor tengah mempersiapkan penelitian dan pengabdian karena itu dengan kehadiran Kapolda NTT telah memberikan penguatan untuk mencerdaskan anak-anak bangsa di kawasan perbatasan atau di depan pintu gerbang RDTL dan Indonesia. 

"Kami menyadari bahwa hari ini akan dilaksanakan kuliah umum yang sangat penting dan sesuai dengan kebutuhan masa kini karena topik yang diberikan adalah strategi pencegahan dan penindakan kejahatan siber untuk mewujudkan raung digital yang bersih, sehat, beretika dan produktif di provinsi NTT

Dengan kemajuan teknologi maka banyak hal yang didapat baik dalam bentuk positif maupun negatif. Oleh karena itu, kuliah umum ini sangat bermanfaat untuk memberikan penjelasan terkait teknologi yang sedang berkembang. 

Polres TTU Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Masyarakat.