Kapolda Sumut Terjun Langsung di Tengah Bencana Humbahas: Pencarian Korban dan Bantuan Segera Diluncurkan

Kapolda Sumut Terjun Langsung di Tengah Bencana Humbahas: Pencarian Korban dan Bantuan Segera Diluncurkan

Tribratanewsttu.com - Musibah banjir bandang dan tanah longsor di Dusun III, Desa Simangulampe, Kecamatan Bakti Raja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), telah menyisakan duka. Sebanyak 12 warga hilang, dan 13 unit rumah rusak tertimbun material longsor.

Kapolda Sumatera Utara, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, bersama Pj Gubernur Sumut dan Kasdam I/BB, turun langsung meninjau proses pencarian korban. Menyaksikan upaya personel gabungan TNI, Polri, BPBD, dan masyarakat, Agung menegaskan fokus untuk menemukan 11 orang yang masih belum ditemukan.

"120 kepala keluarga telah diungsikan ke Balai Desa, Kecamatan Balaraja, untuk sementara waktu. Kita, Polda Sumut, Kodam I Bukit Barisan, dan Pemprov Sumut, memberikan bantuan kebutuhan hidup kepada masyarakat yang terdampak musibah longsor selama mengungsi," ungkap Kapolda Sumut.

Dalam langkah tanggap bencana, Polda Sumut mendirikan posko identifikasi antemortem dan postmortem. Kapolda Sumut meminta agar manajemen bencana dijalankan dengan baik, termasuk pembagian zona penanganan lokasi bencana, korban, dan masyarakat terdampak.

Bencana ini menuntut kerja sama semua pihak, dan Kapolda Sumut memberikan jaminan bahwa upaya pencarian korban dan bantuan bagi masyarakat terdampak akan terus dikoordinasikan dengan sebaik-baiknya.