Kapolres TTU Pantau Vaksin di SMP Oemasi, Kepsek : Terima Kasih

Kapolres TTU Pantau Vaksin di SMP Oemasi, Kepsek : Terima Kasih
Kapolres TTU AKBP Muhamad Mukhson, SH,S.Ik saat memantau proses vaksinasi di SMP Oemasi, Desa Manunain B, Kecamatan Insana, Sabtu (12/02/2022).

Tribratanewsttu.com- Kepala Kepolisian Resor Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur , AKBP Muhamad Mukhson, SH,S.Ik pantau vaksinasi di Sekolah Menengah Pertama  (SMP) Oemasi, Desa Manunain B, Kecamatan Insana, Sabtu (12/02/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 10.00 wita itu dilakukan oleh para tenaga kesehatan (Nakes) Gerai Vaksin Presisi Polres TTU untuk Dosis I dan II dengan sasaran kepada para pelajar, lansia dan masyarakat umum. 

Turut hadir mendampingi kapolres yakni Kabag Ops Polres TTU AKP Yohanes B. Simon, Kasie Humas Iptu Ansel Pera, Kapolsek Insana dan Kepala Sekolah SMPN Oemasi. Jenis Vaksin yang digunakan adalah Pfizer dengan stok vaksin yang di gunakan sebanyak 42 vial untuk 252 orang. Dosis I sebanyak 20 orang dengan rincian masyarakat umum 10 orang, lansia 3 orang dan pelajar atau remaja sebanyak 7 orang.

Sementara itu, untuk Dosis II jumlah peserta tervaksin sebanyak 232 orang dengan kategori masyarakat umum atau rentan sebanyak 57 orang, usia rentan 3 orang, lansia 28 orang dan pelajar atau remaja sebanyak 144 orang.

 

Di sela - sela giat vaksinasi, Kapolres TTU AKBP Muhamad Mukhson, SH,S.Ik menempatkan diri memakaikan masker kepada salah satu warga yang tidak memakai masker saat akan mendapatkan vaksinasi. Mobilisasi warga juga dilakukan oleh anggota Raimas Polres TTU dan anggota Polsek Insana untuk mendapatkan vaksin serta pembagian masker secara gratis kepada warga dan pelajar.

Kapolres TTU AKBP Muhamad Mukhson, SH,S.Ik menyampaikan terima kasih dan apresiasi karena banyak masyarakat yang antusias menerima vaksin, "Untuk vaksin Sinovac masih kosong dan semoga pandemi cepat berlalu sehingga masyarakat bisa beraktifitas seperti biasa," harapnya. 

"Kami sudah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten TTU untuk membantu dan mendatangi sekolah - sekolah yang pelajarnya belum mendapatkan vaksinasi. Kami menghimbau kepada semua yang hadir agar jangan lupa memakai masker dan menjaga jarak," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah Sekolah SMPN Oemasi menyampaikan limpah terima kasih dan apresiasi kepada Polres TTU, "Kami terimakasih karena bapak Kapolres menyempatkan diri datang langsung ke sekolah hari ini. Untuk sekolah kami setelah giat vaksin hari ini anak-anak kami sudah mendapatkan vaksin 100%. Sekali lagi terimakasih dan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Polres TTU," pungkasnya. 

Untuk diketahui, alur pelayanan vaksin saat itu untuk meja satu melakukan pencatatan serta pendaftar (verifikasi data), meja dua melakukan Screening anamnesa dan edukasi Vaksin Covid-19, meja tiga melakukan pemberian Vaksin kepada  sasaran, meja empat melakukan evaluasi mempersilahkan sasaran untuk beristirahat 30 menit untuk megantisipasi kejadian ikutan pasca imunisasi (Kipi) serta diberikan kartu vaksin dan edukasi pencegahan Covid-19.

Vaksinator yang akan melakukan vaksinasi kepada sasaran yakni dokter 1 orang, Nakes Gerai Vaksin Presisi Polres TTU 10 orang. Pukul 16.00 wita giat selesai, berjalan aman dan lancar dengan mendapatkan pengamanan dari anggota Raimas Polres TTU dan 4 Personil Polsek Insana. 

TTU : Teladan Terampil Unggul.