Kapolres Pimpin Pelatihan Pra Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga 2022

Kapolres Pimpin Pelatihan Pra Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga 2022
Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H saat memimpin langsung Pelatihan Pra Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga 2022, Senin (25/5/2022). (Foto: TNC)

Tribratanewsttu.com- Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik, M.H memimpin langsung Pelatihan Pra Ops Kepolisian Terpusat Ketupat Turangga 2022, Senin (25/5/2022). 

Kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 wita itu bertempat di aula serbaguna Mapolres TTU. Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut yakni "Melalui Pra Operasi Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Sinergitas Polri dalam Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1443 H tahun 2022 Untuk Memberi Rasa Aman dan Nyaman". 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Wakapolres TTU Kompol Herman Lona, S.H, Kabag OPS AKP Antonius Wastoro, Kasat Lantas IPTU Marthen L. Petterson, S.H,  Kasat Intelkam IPTU Thobias Ndolu Eoh, Kasat Sabhara IPTU Warsito, Kasat Binmas AKP I Made Wijanasanta dan peserta pelatihan dari perwakilan masing-masing Bag dan Sat yang berjumlah 45 orang.

Susunan acara dimulai dari inspektur upacara tiba di tempat, pasukan disiapkan, menyanyikan lagu himne Polri, laporan perwira yang ditunjuk, pembacaan laporan singkat pra Ops oleh Kabag Ops dan pernyataan pembukaan pelatihan oleh Irup.

"Bahwa Lat Pra Ops ini merupakan salah satu kegiatan yang merupakan tahapan dari proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka menyamakan pola pikir dan cara bertindak," ujar Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H usai penyematan tanda lat pra Ops kepada anggota yang mewakili.

Lebih lanjut mantan Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda NTT ini menjelaskan, tujuan lain kegiatan itu yakni untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dari seluruh personel yang terlibat dalam operasi tersebut. "Sehingga dalam penugasan di lapangan nanti para personel benar-benar mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya," tegasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan hingga pukul 10.00 tersebut dilanjutkan Doa, laporan oleh perwira yang ditunjuk, menyanyikan lagu Himne Polri. Materi-materi yang disampaikan dalam pelatihan Pra Ops yakni dari Kabag Ops Polres TTU Iptu Warsito dengan memberikan gambaran pelaksanaan operasi ketupat turangga 2022 tingkat Polres TTU.

Selanjutnya, oleh Kasat Intelkam Iptu Thobias Ndolu Eoh, yang menjelasakan tentang tugas pokok intelijen yang berkaitan dengan Penggalangan dan pembuatan Laporan Informasi. Yang terakhir oleh Kasat Binmas Polres TTU Iptu I Made Wijana Santa yang menjelaskan peran anggota Polri dalam menghimbau dan memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat untuk bisa memahami situasi dan kondisi saat ini bahwa masih dalam pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Kasat Sabhara Polres TTU Iptu Wastoro yang menjelaskan tentang teknik pengamanan dan patroli multifungsi, terutama pengamanan arus mudik, pengamanan tempat-tempat wisata, pengamanan dan sambang Masjid-masjid. 

Kasat Lantas Polres TTU Iptu Marten L. Peterson Riwu, yang menjelaskan materi Kamseltibcarlantas, arus mudik lintas kenderaan dan orang antisipasi PG, AG dan GN untuk pengamanan selama Ops.

Setelah pembekalan materi dari masing-masing Bag dan Satfung, Seluruh rangkaian kegiatan selesai pada pukul 10.00 Wita, berjalan aman dan terkendali. (*/TNC) 

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani