Kapolres TTU Buka Latihan Pra Operasi Kepolisian Bina Waspada Turangga 2022

Kapolres TTU Buka Latihan Pra Operasi Kepolisian Bina Waspada Turangga 2022
Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.Ik, M. membuka kegiatan latihan Pra Operasi Kepolisian Bina Waspada Turangga 2022, Senin (17/10/2022). (Foto: Humas Polres TTU)

Tribratanewsttu.com - Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson, S.H., S.Ik, M. membuka kegiatan latihan Pra Operasi Kepolisian Bina Waspada Turangga 2022, Senin (17/10/2022). 

Pembukaan kegiatan yang dilaksanakan mulai pukul 11. 00 wita tersebut bertempat di aula tengah kantor Mapolres TTU. Hadir Kapolres TTU, AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H., Wakapolres TTU Kompol Jeffris L. D. Fangidae, S.H dan Kabag Ops Polres TTU AKP Wastoro serta para Kasi dan peserta pelatihan.

Kapolres TTU AKBP Moh. Mukhson S.H., S.Ik., M.H saat memberikan sambutan berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar serius dalam mengukuti dan menyimak materi pelatihan yang disajikan oleh para instruktur sehingga dapat dijadikan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas operasi.

"Mencegah, meminimalisir dan menanggulangi berkembangnya paham radikalisme, anti pancasila dan intoleransi antar umat beragama di wilayah hukum polres TTU," tegasnya.

Lulusan Akpol 2004 ini menjelaskan, paham radikalisme merupakan salah satu penyebab terjadinya perpecahan bangsa dan negara. "Sehingga melalui kegiatan ini kita tingkatkan serta optimalkan pencegahan paham tersebut di wilkum Polres TTU. Beri himbauan dan teguran kepada masyarakat tentang dampak negatif radikalisme, anti pancasila dan intoleransi antar umat beragama," ungkapnya. 

"Optimalkan peran Bhabinkamtibmas yang merupakan ujung tombak kepolisian di tengah-tengah masyarakat dalam upaya pencegahan paham dimaksud. Dalam kegiatan operasi kita harus menghasilkan output dan tepat sasaran untuk membawa dampak pada kegiatan berikutnya. Yang kedua saya minta bisa paham Tugas pokok kita dan SOP. Harus menganalisa latar belakang suatu kasus terlebih dahulu," ujarnya sembari meminta kepada anggota agar operasi tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat.

Kabag Ops Polres TTU, AKP Wastoro menambahkan, kegiatan latihan Pra Operasi Kepolisian Bina Waspada Turangga 2022 tingkat Polres TTU tersebut dilaksanakan selama satu hari. "Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mencegah, meminimalisir, dan menanggulangi berkembangnya paham radikalisme, anti pancasila dan intoleransi antar umat beragama di wilayah hukum Polda NTT," ungkapnya. 

Dikatakannya, materi latihan terdiri dari materi khusus oleh Kabag Ops, serta teknik dan taktik dalam pengumpulan barang bukti terkait penanganan kasus radikalisme oleh Kasat Reskrim. Yang kedua, teknik deteksi dan penggalangan yang berkaitan dengan pencegahan meningkatnya paham radikalisme dan terorisme serta penyusunan produk intelijen oleh Kasat Intel Polres TTU, 

"Ketiga, teknik dan taktik penyuluhan dan pembinaan kepada masyarakat tentang pencegahan berkembangnya paham radikalisme, terorisme oleh Kasat Binmas Polres TTU," terangnya. 

Kegiatan tersebut, lanjut AKP Wastoro, dilaksanakan dengan maksud menyamakan persepsi bagi personel Polres TTU yang bertugas dalam kegiatan operasi kepolisian kewilayahan Bina Waspada Turangga 2022.  Tujuannya adalah untuk memberikan pembekalan kepada personil yang bertugas serta meningkatkan kemampuan dan ketrampilan personil yang bertugas dalam operasi kepolisian kewilayahan Bina Waspada Turangga 2022 sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik. 

Kasi Humas Polres TTU, Iptu I Ketut Suta, menjelaskan, operasi kewilayahan dengan sandi Bina Waspada Turangga 2022 tersebut akan dilaksanakan selama 14 hari terhitung mulai tanggal 17 Oktober 2022 hingga 30 oktober 2022. 

"Kekuatan personil yang dilibatkan dalam kegiatan Operasi Kewilayahan ini berjumlah 32 personil, terdiri dari Perwira dan Bintara Polres TTU. Maksud dan tujuan operasi kewilayahan " BINA WASPADA TURANGGA 2022 ini adalah untuk meminimalisir dan menanggulangi berkembangnya paham Radikalisme, Anti Pancasila dan Intoleransi antar umat beragama guna terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah Humuk Polres TTU," tutupnya. (*/TNC)

Gerakan Polres TTU Semangat Melayani